ANALISIS KRITIS BUKU FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Maratul Qiftiyah

Abstract


Buku filsafat pendidikan Islami karya Ahmad Tafsir lebih mengarah pada filsafat pendidikan (umum). Namun, menurut beliau setelah mempertimbangkan kata Islam masih perlu dipertahankan, maka judul buku tersebut menjadi filsafat pendidikan Islami. Isinya mengenai banyak hal tentang pendidikan yang dibimbing oleh ajaran Islam karena penulis buku ini adalah Muslim. Menurut pendapat saya, ini adalah alasan yang tidak begitu logis. Jadi seolah-olah buku filsafat pendidikan Islam diberikan judul ini karena agama penulis, yaitu Islam. Selanjutnya dalam buku ini banyak yang ditulis bukan filsafat pendidikan Islam melainkan filsafat pendidikan umum (barat). Tetapi menurut penulis buku ini, hal itu tidak bisa dihindari, biasanya itu hanya ilustrasi untuk memudahkan konsep filsafat untuk dipahami. Sedangkan buku filsafat pendidikan Islam karya Drs. Muhammad As Said, M.Pd.I, tidak menjelaskan secara terang benderang asal muasal filsafat pendidikan Islam. Dalam buku tersebut malah lebih banyak mengutip dan membahas filsafat pendidikan barat. Buku ini juga menjelaskan bahwa filsafat umum mempunyai hubungan yang sangat erat dengan filsafat pendidikan sebab pendidikan merupakan pelaksana dari pandangan filsafat dan kaidahnya dalam bidang pengalaman kemanusiaan yang disebut pendidikan. Namun tidak dijelaskan hubungan antara filsafat Islam dengan filsafat pendidikan Islam dan belum terlihat secara jelas kerangka dasar bangunan filsafat pendidikan Islam. Isi dari kedua buku tersebut juga lebih banyak membahas masalah filsafat umum seperti idealisme, realisme neoskolatisme, pragmatisme, dan eksistensialisme.

Keywords


Filsafat; Ahmad Tafsir; Muhammad As Said

Full Text:

PDF

References


Arif, Mahmud. 2006. Involusi Pendidikan Islam: Mengurai Problematika dalam Perspektif Historis-Filosofis. Yogyakarta: Idea Press.

Knight, George R. 2007. Filsafat Pendidikan, diterjemahkan oleh Mahmud Arif. Yogyakarta: Gama Media.

Maragustam. 2016. Filsafat Pendidikan Islam: Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Mulkhan, Abdul Munir dalam Stiven M. Chan. 2002. Pendidikan Liberal. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Nata, Abuddin. 2013. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali Press.

Nuryanto, Agus. 2008. Mazhab Pendidikan Kritis: Menyingkap Relasi. Pengetahuan, Politik, dan Kekuasaan. Yogyakarta: Resist Book, 2008.

Said, Muhammad As. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Soyomukti, Nurani. 2012. Metode Pendidikan Marxis Sosialis: Antara Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tafsir, Ahmad. 2012. Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Terjemahan bebas dari buku Abbas Mahjub, Ushul Al-Fikr Al-Tarbawi Fi Al-Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Maratul Qiftiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License