ANALISIS KRITIS BUKU FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v10i2.7296Keywords:
Filsafat, Ahmad Tafsir, Muhammad As SaidAbstract
Buku filsafat pendidikan Islami karya Ahmad Tafsir lebih mengarah pada filsafat pendidikan (umum). Namun, menurut beliau setelah mempertimbangkan kata Islam masih perlu dipertahankan, maka judul buku tersebut menjadi filsafat pendidikan Islami. Isinya mengenai banyak hal tentang pendidikan yang dibimbing oleh ajaran Islam karena penulis buku ini adalah Muslim. Menurut pendapat saya, ini adalah alasan yang tidak begitu logis. Jadi seolah-olah buku filsafat pendidikan Islam diberikan judul ini karena agama penulis, yaitu Islam. Selanjutnya dalam buku ini banyak yang ditulis bukan filsafat pendidikan Islam melainkan filsafat pendidikan umum (barat). Tetapi menurut penulis buku ini, hal itu tidak bisa dihindari, biasanya itu hanya ilustrasi untuk memudahkan konsep filsafat untuk dipahami. Sedangkan buku filsafat pendidikan Islam karya Drs. Muhammad As Said, M.Pd.I, tidak menjelaskan secara terang benderang asal muasal filsafat pendidikan Islam. Dalam buku tersebut malah lebih banyak mengutip dan membahas filsafat pendidikan barat. Buku ini juga menjelaskan bahwa filsafat umum mempunyai hubungan yang sangat erat dengan filsafat pendidikan sebab pendidikan merupakan pelaksana dari pandangan filsafat dan kaidahnya dalam bidang pengalaman kemanusiaan yang disebut pendidikan. Namun tidak dijelaskan hubungan antara filsafat Islam dengan filsafat pendidikan Islam dan belum terlihat secara jelas kerangka dasar bangunan filsafat pendidikan Islam. Isi dari kedua buku tersebut juga lebih banyak membahas masalah filsafat umum seperti idealisme, realisme neoskolatisme, pragmatisme, dan eksistensialisme.References
Arif, Mahmud. 2006. Involusi Pendidikan Islam: Mengurai Problematika dalam Perspektif Historis-Filosofis. Yogyakarta: Idea Press.
Knight, George R. 2007. Filsafat Pendidikan, diterjemahkan oleh Mahmud Arif. Yogyakarta: Gama Media.
Maragustam. 2016. Filsafat Pendidikan Islam: Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.
Mulkhan, Abdul Munir dalam Stiven M. Chan. 2002. Pendidikan Liberal. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Nata, Abuddin. 2013. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali Press.
Nuryanto, Agus. 2008. Mazhab Pendidikan Kritis: Menyingkap Relasi. Pengetahuan, Politik, dan Kekuasaan. Yogyakarta: Resist Book, 2008.
Said, Muhammad As. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Soyomukti, Nurani. 2012. Metode Pendidikan Marxis Sosialis: Antara Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tafsir, Ahmad. 2012. Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Terjemahan bebas dari buku Abbas Mahjub, Ushul Al-Fikr Al-Tarbawi Fi Al-Islam.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.