PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Isnawardatul Bararah

Abstract


Pengelolaan merupakan kegiatan yang dilakukan bersama dan melalui orang-orang serta kelompok dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Peningkatan mutu pendidikan akan tercapai apabila proses belajar mengajar yang diselenggarakan di kelas benar-benar efektif dan berguna untuk mencapai kemampuan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diharapkan. Karena pada dasarnya proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan, di antaranya guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan berhasilnya proses belajar mengajar di dalam kelas. fungsi pengelolaan sarana dan prasarana sangat mendasar sekali dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, menciptakan iklim sosio emosional dan mengelola proses kelompok, sehingga keberhasilan guru dalam menciptakan kondisi yang memungkinkan, indikatornya proses belajar mengajar berlangsung secara efektif. Kajian dalam artikel ini antara lain memberikan pemahaman kepada pembaca tentang pengelolaan sarana prasarana pendidikan, sarana prasarana pendidikan yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, dan pengelolaan terhadap pendayagunaan sarana prasarana pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Keywords


Pengelolaan; Sarana Prasarana; Pendidikan; Kualitas Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: RajaGrafindo Persada,1993

………….., Pengelolaan Materil. Jakarta: Prima Karya, 1987.

Bafadal, Ibrahim, Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Burhanudin, Yusak, Administrasi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia,1998.

Daryanto, H.M, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Gunawan, Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan Mikro, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Gunawan, Ari H, Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan Mikro, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Handoko, T. Hani, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Liberti, 1985.

Mulyasa, Enco, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Nawawi, Hadari, Administrasi Pendidikan Jakarta: Gunung Agung 1981.

Sa’ud, Udin Syaefudin, dkk, Perencanaan Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Sadiman, Arief S, dkk, Media Pendidikan, Jakarta: Grafindo Persada 2003.

Soetjipto, Raflis Kosasi. Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Sudjana S. Manajemen Program Pendidikan, Bandung: Falh Production, 2000.

Suharsimi, Arikunto. Pengelolaan Kelas dan Siswa, Jakarta: Rajawali Press, 1992.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: FOKUSMEDIA, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i2.7842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Isnawardatul Bararah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

 

  

The Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License