PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN PTKIN DI ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/jm.v10i4.7891Keywords:
Pembinaan, Kemampuan Membaca Al-Qur’anAbstract
Pembinaan adalah usaha yang dilakukan dengan sadar, berencana, teratur dan terarah untuk meningkatkan pengetahuan, perilaku dan ketrampilan subjek dengan tindakan, pengarahan dan bimbingan. Program Ma’had Al Jamiah merupakan program yang bertujuan untuk melahirkan generasi-generasi bangsa dan agama yang cerdas serta berakhlak mulia. Hari ini kita melihat begitu banyak generasi- generasi pendidikan yang memiliki pengetahuan dan berpendidikan tetapi mereka krisis moral dan hampir tidak bisa membaca Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya. Salah satu Program Ma’had Jami’ah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Mahasiswa PAI PTKIN di Aceh dengan baik dan benar. Dari hasil observasi pada mahasiswa sebahagian besar belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, diantaranya prodi Pendidikan Agama Islam. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana upaya pendidik dalam pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa PAI pada program Ma’had Al-Jami’ah PTKIN di Aceh?, apa kendala dalam pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa prodi PAI melalui Program Ma’had Al-Jamiah PTKIN di Aceh?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengunakan metode yang bersifat kualitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, observasi dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Usaha pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an pada program Ma’had Al-Jamiah sudah baik. Kemudian ada beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa prodi PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mereka di Ma’had Al-Jamiah PTKIN di Aceh diantaranya bahagian besar mahasiswa kadang-kadang kurang serius dalam mengikuti pembinaan di ma’had Al-Jamiah, Kemudian pengaturan jadwal membaca Al-Qur’an kadang-kadang masih beradu dengan jadwal perkuliahan
References
Abdurrahmat Fathori, (2011), Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: Rineka Cipta
Anas Sudijono, (2015), Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Daryanto, (1997), Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo,
M. Burhan Bungin, (2007), Metode Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, cet ke 1, Jakarta: Kencana
Margono, (2010), Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. VIII, Jakarta, Rineka Cipta
Margono.s, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, cet-8, Jakarta: Rineka Cipta
Muhammad Hasyim, 2002, Penentuan Dasar Kaidah Penelitian Masyarakat, Jakarta: Ilmu Jaya
Nasution S, (1988), Metode Riserch Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara,
Suharsimi Arikunto, (1993), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, ( Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi arikunto, (2002), Penelitian Prosedur, Jakarta: Rineka Cipta
Sumadi Suryabrata, (2011), Psikologi Pendidikan, Cet ke 18, Jakarta: Raja Wali Pers.
Sutrisno Hadi, (1982), Metodelogi Research, Cet. 1 Yogyakarta: Yayasan Penerbit UGM
Team Dept.Tahsin Maqdis, (2003), Tahsin Tilawah, Bandung: Maqdis Perss.
Winarto surakhmat, (1995), Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: IKIP
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights without restrictions. Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.