PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN PTKIN DI ACEH

Fakhrul Rijal, Tasnim Idris, Husni Husni

Abstract


Pembinaan adalah usaha yang dilakukan dengan sadar, berencana, teratur dan terarah untuk meningkatkan pengetahuan, perilaku dan ketrampilan subjek dengan tindakan, pengarahan dan bimbingan. Program Ma’had Al Jamiah merupakan program yang bertujuan untuk melahirkan generasi-generasi bangsa dan agama yang cerdas serta berakhlak mulia. Hari ini kita melihat begitu banyak generasi- generasi pendidikan yang memiliki pengetahuan dan berpendidikan tetapi mereka krisis  moral  dan  hampir  tidak  bisa  membaca  Al-Qur’an  sebagai  pedoman hidupnya. Salah satu Program Ma’had Jami’ah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an Mahasiswa PAI PTKIN di Aceh dengan baik dan benar. Dari hasil observasi pada mahasiswa sebahagian besar belum mampu membaca  Al-Qur’an  dengan  baik  dan    benar,  diantaranya  prodi  Pendidikan Agama Islam. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana upaya pendidik  dalam  pembinaan  kemampuan  membaca  Al-Qur’an  mahasiswa  PAI pada program Ma’had Al-Jami’ah PTKIN di Aceh?, apa kendala dalam pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa prodi PAI melalui Program Ma’had Al-Jamiah PTKIN di Aceh?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengunakan metode yang bersifat kualitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, wawancara, observasi dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Usaha pembinaan kemampuan membaca Al-Qur’an pada program Ma’had Al-Jamiah sudah baik. Kemudian ada beberapa kendala yang dihadapi oleh mahasiswa prodi PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mereka di Ma’had Al-Jamiah PTKIN di Aceh diantaranya bahagian besar mahasiswa kadang-kadang kurang serius dalam mengikuti pembinaan di ma’had Al-Jamiah, Kemudian pengaturan jadwal membaca Al-Qur’an kadang-kadang masih beradu dengan jadwal perkuliahan


Keywords


Pembinaan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abdurrahmat Fathori, (2011), Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: Rineka Cipta

Anas Sudijono, (2015), Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Daryanto, (1997), Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo,

M. Burhan Bungin, (2007), Metode Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya, cet ke 1, Jakarta: Kencana

Margono, (2010), Metodologi Penelitian Pendidikan, Cet. VIII, Jakarta, Rineka Cipta

Margono.s, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, cet-8, Jakarta: Rineka Cipta

Muhammad Hasyim, 2002, Penentuan Dasar Kaidah Penelitian Masyarakat, Jakarta: Ilmu Jaya

Nasution S, (1988), Metode Riserch Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara,

Suharsimi Arikunto, (1993), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, ( Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi arikunto, (2002), Penelitian Prosedur, Jakarta: Rineka Cipta

Sumadi Suryabrata, (2011), Psikologi Pendidikan, Cet ke 18, Jakarta: Raja Wali Pers.

Sutrisno Hadi, (1982), Metodelogi Research, Cet. 1 Yogyakarta: Yayasan Penerbit UGM

Team Dept.Tahsin Maqdis, (2003), Tahsin Tilawah, Bandung: Maqdis Perss.

Winarto surakhmat, (1995), Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: IKIP




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v10i4.7891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 FAKHRUL RIJAL, Tasnim Idris, Husni Husni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

 

  

The Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License