QUO VADIS PEKERJA ANAK PADA PERKEBUNAN TEMBAKAU DI KABUPATEN JEMBER

ROSITA INDRAYATI

Abstract


Bagian terbesar pekerja anak di dunia bekerja di pertanian dan perkebunan, di mana mereka melakukan berbagai jenis pekerjaan pertanian baik usaha pertanian keluarga berukuran kecil maupun sedang hingga usaha pertanian, perkebunan atau agro industri yang besar. ILO memperkirakan bahwa di seluruh dunia lebih dari 132 juta anak perempuan dan laki-laki berusia 5-14 tahun terlibat dalam kegiatan penanaman, pemananen hasil pertanian, penyemprotan pestisida dan pemeliharaan ternak di wilayah-wilayah pedesaan dan perkebunan. Fenomena pekerja anak di perkebunan Tembakau pada Kabupaten Jember sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Beberapa penelitian yang telah dilakukan mengenai pekerja anak di usaha tembakau seperti yang dilakukan oleh YPSM (1988), Pusat Analisis Sosial Akatiga Bandung (1994 dan 2002), Mahbubah (2003) menunjukkan bahwa masalah pekerja anak dan faktor-faktor yang menyebabkannya merupakan masalah yang “konstanâ€. Hal ini tentu saja menjadi sangat ironis mengingat tembakau Jember merupakan salah satu produk andalan ekspor bagi tembakau di Indonesia yang banyak memberi keuntungan bagi negara dan pengusaha. Meskipun telah dilarang akan tetapi masih banyak perkebunan di Kabupaten Jember yang mempekerjakan anak, hal ini karena terdapat banyak faktor yang menyebabkan mengapa anak masih banyak yang terlihat di beberapa perkebunan di Kabupaten Jember, salah satunya adalah faktor ekonomi dan faktor pendidikan.

Keywords


Pekerja Anak, Perkebunan tembakau, Kabupaten Jember

Full Text:

PDF

References


Noer Effendi, Tadjhoedin. Nuruh Anak Fenomen Di Kota dan Pedesaan dalam Buruh Anak Disektor Informal-tradisional dan Formal (Jakarta: Yayasan Tenaga Kerja Indonesia, 1992).

Organisasi Perburuhan Internasional. Pekerja Anak Di Industri Tembakau Jember, cetakan pertama ed (Jakarta: ILO Jakarta, 2007).

Purniati, Sri SM & Martini. Analisa Suatu Sistem Peradilan Anak (Jakarta: Fisip UI, 2002).

Wiryani, Fifik. Perlindungan Pekerja Anak (Pusat Studi Kajian WanitaMalang: UMM Press, 2003).

Ardhiarisca, Oryza, Merry Muspita Dyah Utami & Tanti Kustiari. “PERUMUSAN SRTATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS TEMBAKAU DI KABUPATEN JEMBER MENGGUNAKAN ANALISA SWOT†(2015) 16 65.

Elfrianto. “Hak Atas Pendidikan dan Perlindungan Hukum Pekerja Anak†(2007) 8 Nomor 2.

Endrawati, Netty. “Faktor Penyebab Anak Bekerja dan Upaya Pencegahannya†(2011).

Indrasari & B White. “Anak-Anak desa dalam Kerja Upahan†(1992) XXXXI.

Muhammad Siddiq Armia, Studi Epistemologi Perundang-Undangan, Banda Aceh: Teratai Publisher, 2011.

_____, Perkembangan Pemikiran Teori Ilmu Hukum, Jakarta: Pradnya Paramita, 2009.

_____, "The Role of Indonesian Constitutional Court In Protecting Energy Security," Jurnal Konstitusi, Vol.13, No.2, June 2016.

Nurhardjo, Budi. “KARAKTERISTIK DAN KINERJA BURUH WANITA PADA GUDANG TEMBAKAU GMIT DI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER†6 55.

Septiarti, S Wini. “Fenomena Pekerja Anak Usia Sekolah†(2002) 7 No. 1.

Setiamandani, Emei Dwinanarhati. “Perlindungan Hukum Bagi Pekerja Anak dan Upaya Penanggulangannya†(2012) 2 Nomor 2.

Endrawati, Netty. Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Anak Di Sektor Informal (Studi Kasus di Kota Kediri), Disertasi Program Doktor (UNTAG Surabaya, 2011).

Tembakau di Persimpangan Jalan (Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur).“ciptakarya.pu.go.id/profil/profil/barat/.../jember.pdf diakses 12 April 2015â€,.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/petita.v2i1.1812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter 

INDEXED BY: