Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tantan Dalam Menjalin Relasi Pertemanan (Studi Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tantan Dalam Menjalin Relasi Pertemanan (Studi Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh).” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi pengguna media sosial tantan dalam menjalin relasi pertemanan, mengetahui tindakan pengguna media sosial tantan dalam menjalin relasi pertemanan, mengetahui hubungan pengguna media sosial tantan dalam menjalin relasi pertemanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan wawancara terstruktur dalam pengumpulan data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mediamorfosis. Dalam pemilihan informan penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sedangkan untuk menganalisis data, menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian didapatkan bahwa perilaku komunikasi pengguna media sosial Tantan dalam menjalin relasi pertemanan yaitu interaksi informan melakukan chatingan dengan pengguna lain, informan memfokuskan chatingan dengan banyak pengguna agar mendapat lebih banyak teman. Tindakan informan dalam media sosial Tantan yaitu informan hanya membagikan foto, like foto dan melihat video yang dibagikan pengguna lain.
Hubungan informan dalam media sosial Tantan pada akhirnya hubungan yang terjalin antara informan dan lawan bicaranya merupakan hubungan pertemanan biasa, tidak berlanjut ke tahap perjodohan.
This study entitled "The Communication Behavior of Tantan MediaSocial Users in Establishing Friendship (A Case Study on the Students of Syiah Kuala University, Banda Aceh).” This study aims to understand the interaction, action, and the relationship of the users in developing friendship. This study used qualitative descriptive method with a structured interview for the data collection. The theory used in this research is the mediamorphosis theory. The interviewees were chosen using purposive sampling method, and the data were analyzed using model data analysis Miles and Huberman. The research results obtained that communication behavior of the users in developing friendship was through the interviewees interaction with other users; the interviewees focus on chatting with many users in order to get more friends. The interviewees’ actionson Tantan social media were sharing pictures, giving “like” for other pictures and watching videos shared by other Tantan users. The interviewees’ relationship in Tantan social media with the chatting partners were only developed until friendship stage, and did not continue to be lovers
Full Text:
PDFReferences
Aditya, R. (2015). Pengaruh media sosial instagram terhadap minat fotografi pada komunitas fotografi Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 1-14.
Achmad Ja’far. 2016. Perilaku Komunikasi Pengguna Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) Di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Skripsi. Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi : Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Ahmadi, D. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(2), 301-316.
Goenawan, A. (2018, 5 November). Review Aplikasi Tantan Penantang Tinder Dari Tiongkok. Melalui : Https://review.bukalapak.com/techno/review-tantan-penantang-tinder-dari-china-72792. Diakses tanggal : 22 Maret 2019.
Habsari, Y. W., & Wirman, W. (2016). Perilaku Komunikasi Narapidana Wanita Berstatus Ibu Rumah Tangga di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(1), 1-15.
Merdeka.com. (2018, 26 November). Aplikasi Tantan Ajak Kaum Perempuan Aktif Memilih Pasangan. Melalui : Https://www.merdeka.com/teknologi/aplikasi-tantan-ajak-kaum-perempuan-aktif-memilih-pasangan.html. Diakses tanggal : 20 Desember 2018.
Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nurlitasari, A. (2018, 24 Agustus). Tantan Aplikasi Pencari Teman Yang Sasar Kaum milenial.Melalui: Https://techno.okezone.com/read/2018/08/23/207/1940560/tantan-aplikasi-pencari-teman-yang-sasar-kaum-millennial. Diakses tanggal : 20 Desember 2018.
Rosita Sari, D. (2015). Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tinder Dalam Menjalin Relasi Pertemanan Di Kalangan Mahasiswa UNIKOM (Studi Deskriptif Mengenai Perilaku Komunikasi Pengguna Media Sosial Tinder Dalam Menjalin Relasi Pertemanan Di Kalangan Mahasiswa Unikom). Skripsi.Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik : Universitas Komputer Indonesia.
Reza, M. (2018). Hubungan Komunikasi Interpersonal Customer Service Dengan kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Belawan Sumatera Utara. Skripsi. Ilmu Komuniasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik : Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.
Nurdin, T. Z. (2018). Komunikasi pembangunan masyarakat; sebuah model Audit sosial multistakeholder. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 1(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jp.v2i2.5861
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Pascasarjana UIN Ar-Raniry Building,
Jl. Ar-Raniry No. 1, Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Phone : 085173104474
Email : peurawi@ar-raniry.ac.id
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id