INTEGRASI DAKWAH MUSLIM DI ACEH SINGKIL

Rusna Wati, Cut Ayu Mauidhah

Abstract


Ada banyak cara dalam menyebarluaskan agama, salah satunya dengan berdakwah. Seiring dengan perkembangan zaman, gaya berdakwah pun berubah tidak lagi kaku. Berdakwah tidak harus kaku dan terfokus dalam mesjid . namun bisa juga dengan gaya santai yang dikaitkan dengan keseharian. Islam di seluruh dunia berkembang tidak bisa dilepas dari kebudayaan masyarakat. Dakwah efektif atau tidak bisa dinilai dari sejauh mana efektivitas komunikasi di antara mereka.

Aceh salah satu wilayah yang beranekaragam budaya dan agama di dalamnya. Islam adalah agama yang mayoritas di anut oleh masyarakat Aceh. Namun, ada beberapa daerah di Aceh yang minoritas muslimnya, seperti Aceh Singkil. Jika dilihat daerah tersebut masuk kepada mayoritas muslim, namun ada desa-desa tertentu di wilayah tersebut minoritas Islamnya, seperti daerah-daerah perbatasan itu sangat banyak masyarakat non muslim. Sehingga di saat menyebarkan dakwah pun harus dengan melihat situasi di desa tersebut. Aceh Singkil dan Subulussalam memang sangat rawan dengan Kristenisasi. Beberapa wilayah di dua kabupaten ini telah didominasi oleh warga Kristen pribumi yang sebelumnya beragama Islam maupun warga Kristen yang berasal dari Sumatera Utara dan telah menjadi warga menetap di situ.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data, semua data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan mempergunakan metode deskriptif analisis sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Setelah data-data dan informasi tersebut terkumpul sebagaimana yang diperlukan, melalui observasi, wawancara dan maka selanjutnya, data dan informasi tersebut dianalisis deskriptif dengan menggambarkan situasi yang terjadi. Semua informasi melalui wawancara dan observasi penulis menganalisis serta merangkai dan mendeskripsikan dalam bentuk karya ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi dakwah muslim di Aceh Singkil dengan cara lemah lembut serta mempelajari budaya daerah tersebut agar tidak terjadinya konflik antar umat Beragama.

Kata Kunci: Integrasi Dakwah, Muslim, dan Aceh Singkil


Full Text:

PDF

References


Jamalaluddin, Dai di perbatasan Aceh Singkil, wawancara dilakukan pada 17 Sepetember 2019

Julianto Salaeh, Psikologi Dakwah , Banda Aceh : Ar-Raniry Press 2004

Koentjaraningrat, Pengantar Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta, 1996

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Moh. Ali Azis, Ilmu Dakwah, Jakarta : Prenada Media. 2004

Muhammad Abu Alfarah Al Bayanuny, Al-Madkhal Ila Ilmi Al-Dakwah, Muassasah Al-Risalah Bairut 1991

Rafael Raga Maran, Manusia dan Kebudayaan dalam Perspektif Ilmu Budaya Dasar, Jakarta: Rineka Cipta, 2007

Sugiyanto, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta, 2010

https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Aceh_Singkil, diakses pada tanggal 17 September 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Ar-raniry, KOPELMA Darussalam, Banda Aceh

Contact +62811 121 308

E-mail: stimulus.journal@gmail.com

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.