Studi terhadap Penerapan Metode al-Hira’ dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Kota Subulussalam

Abdul Wahid, Juraidah Juraidah

Abstract


Al-Qur'an learning methods have been improving from time to time, and various methods have been applied in many Al-Qur'an learning institutions, one of which is the Al-Hira' method. As the newest method, Al-Hira has been quickly used in a number of Al-Quran learning institutions (TPA) in Subulussalam. The questions posed in this paper are related to the application of the Al-Hira learning method and the constraints involved in applying the method. This study is field research; data collection is done through interviews, observation, and documentation. The results showed that the Al-Hira' method was used because of its advantages, including the ease in preparing teaching and learning materials, as well as the ease in teaching students. However, teachers use different ways of implementing the method, including modeling and giving direct examples like reading the Qur'an first and then having students repeat it. In terms of constraints, facilities, environment, funding sources, human resources, parental participation, and students' backgrounds such as education, economy, and social status, there are several factors that influence the application of the Al-Hira' learning method.

Abstrak: Metode pembelajaran Al-Qur'an semakin meningkat dari waktu ke waktu, dan berbagai metode telah diterapkan di banyak lembaga pembelajaran Al-Qur'an, salah satunya adalah metode Al-Hira'. Sebagai metode terbaru, Al-Hira telah digunakan dengan cepat di sejumlah lembaga pembelajaran Al-Quran (TPA) di Subulussalam. Pertanyaan yang diajukan dalam tulisan ini terkait dengan penerapan metode pembelajaran Al-Hira dan kendala dalam penerapan metode tersebut. Kajian ini merupakan penelitian lapangan, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Al-Hira’ digunakan karena kelebihannya, antara lain kemudahan dalam menyusun bahan ajar dan pembelajaran, serta kemudahan dalam mengajar siswa. Namun, guru menggunakan cara yang berbeda dalam menerapkan metode termasuk pemodelan seperti memberikan contoh langsung: membaca Al-Qur'an terlebih dahulu kemudian membuat siswa mengulanginya. Dari sisi kendala, fasilitas, lingkungan, sumber dana, sumber daya manusia, peran serta orang tua, dan latar belakang peserta didik seperti pendidikan, ekonomi, dan status sosial, menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi penerapan metode pembelajaran Al-Hira’.


Keywords


Al-Quran; Metode al-Hira; Implementasi; Subulussalam

Full Text:

PDF

References


Fauziati, Endang. Introduction to Methods and Approaches in Second or Foreign Language Teaching. Surakarta: Era Pustaka Utama, 2009.

Jalante, Anshar. Tahsin Tilawatil Qur’an: Metode Hijrah. Bogor: Bukhari Muslim Press, 2006.

LP. Ma’arif NU. Cepat Tanggap Belajar Al-Qur’an an-Nahdhiyah. Tulung Agung: LP. Ma’arif NU, 1992.

Maria, Beta, Mega Iswari, and Asep Ahmad Sopandi. “Studi Komparatif Metode Iqra’ Dan Metode Tartil Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Bagi Anak Disleksia.” Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus 3, no. 1 (February 3, 2014). https://doi.org/10.24036/JUPE30770.64.

Nasution, Muhammad Roihan. Al-Hira’ Dapat Membaca Al-Qur’an Dalam Tempo 24 Jam. Medan: Yayasan Al-Hira’ Permata Nadiah, 2012.

Tim Penulis. Departemen Tahsin Mahad Al-Quran Dan Dirasah Islamiyyah: Tahsin Tilawah. Bandung: Maqdis Press, 2003.

Zarkasi, Dachlan Salim. Metode Praktis Belajar Membaca Al-Qur’an. Semarang: Yayasan Pedidikan al-Qur’an, 2015.

Wawancara dengan ustadz Jasman, tanggal 26 April 2016

Wawancara dengan ustadz Salmaza, tanggal 27 April 2016

Wawancara dengan Ustaz Roihan Nasution, Lc bulan April 2016

Wawancara dengan Ust. Grantino Abdullah, S.Kom, tanggal 26 April 2016

Wawancara dengan Ustadzah Juliati, tanggal 6 Mei 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/tafse.v7i2.15441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdul Wahid, Juraidah Juraidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEX BY:






Journal Secretariat
:
Al-Qur'an and Tafsir Department, 1st Floor, Faculty of Ushuluddin and Philosophy, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Indonesia. Jln. Syeikh Abdul Rauf, Kopelma Darussalam Banda Aceh, Indonesia. Post Code: 
23111.
Email:
 tafse@ar-raniry.ac.id

TAFSE: Journal of Qur’anic Studies, e-ISSN: 2775-5339, p-ISSN: 2620-4185