KONTRIBUSI ORANG TUA DALAM PENINGKATAN KUANTITAS DAN KUALITAS HAFALAN Al-QUR’AN ANAK DI TPA AL MUKHAYYARAH DARUSSALAM

Mutia Puteri Rezeki, Zulfatmi Zulfatmi

Abstract


Orang tua memiliki kontribusi yang besar dalam tanggung jawab mengajar dan mendidikkan al Qur’an pada anak.  Dewasa ini, sebagian  besar orang tua telah melimpahkan tanggung jawab pendidikan al Qur’an anak pada Taman Pendidikan al Qur’an (TPA), ini tidak berarti tugas dan tanggung jawab mereka sudah tunai disaat mereka melimpahkan kepada lembaga tersebut. Kontribusi para orang tua dalam pendampingan anak saat belajar al Qur’an dan menghafalnya memiliki hubungan erat dengan kuantitas dan kualitas hafalan al Qur’an pada anak. Riset kualitatif yang dilakukan terhadap santri yang belajar dan menghafal al Qur’an di TPA al Mukahyyarah Darussalam menunjukkan hasil bahwa  keberhasilan peningkatan kuantitas dan kualitas hafalan al Qur’an  santri di lembaga pendidikan al Qur’an sangat dipengaruhi oleh seberapa besar kontribusi yang dapat diberikan orang tua santri tersebut dalam pendampingan aktivitas menghafal al Qur’an di rumah.


Keywords


Kontribusi, Hafalan, Anak

Full Text:

PDF

References


Abdul Muhsin dan Raghib As-Sirjani Orang Sibukpun Bisa Hafal Al- Qur’an (Solo: PQS Publishing), 2014.

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008),

Dedi Setiawan, dkk,” Peran TPA dalam Penyelenggaraan Pendidikan Al Qur’an di Masjid Al Fattah Palembang” Jurnal Ilmiah PGMI UIN FTK Raden Fatah Palembang, vol 3 no.2 (2017), https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1650. hal 170-184.

Djam’an Satori dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif.

Dwi Trisnawati, “Peran Edukatif Orang tua dalam Keberhasilan Pendidikan Anak”, journal student.uny.ac.id ), Volume 1, No 1, Juni 2018, hal. 5-10.

Hamzah B. Uno, Teori Motivasi & Pengukurannya, (Jakarta: Bumi Aksara2016),

Hannan Athiyah Ath-Thuri. Mendidik Anak Perempuan di Masa Kanak- Kanak. (Jakarta: Amzah). 2015.

Haris Hendriansyah, Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial, cet 2, ( Jakarta : Salemba Humanika, 2011)

Mardalis, Metode penelitian suatu pendekatan proposa, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006),

Muhammad Abdullah Asyafi’I, “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendididkan Anak”, journal student.uny.ac.id ), Volume 1, No 1, Juni 2018.

Sa’dullah, 9 Cara Praktis Menghafal Al Qur’an, (Jakarta: Gema Insani, 2009), hal.52-54.

Setia Budiyanti, dkk, “Peranan Orang Tua Terhadap Prestasi Tahfidh Qur’an Siswa pada SDIT al Falah Kota Cirebon (Studi Kasus Mengenai Peranan Oarng Tua dalam Membantu Anaknya dalam Menghafal Ayat-ayat al Qur’an), Jurnal Logika: jurnal ilmiah Lemlit UNSWAGATI Cirebon, vol22, no.1 2018, http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/index,

Tri Hijrianti, “ Peranan Pembimbing dalam Meningkatkan Hapalan Al- Qur’an Santri,“ ” (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015).

Ulber Silalahi, Metode Penelitian Sosial, (Bandung: Redika Aditama, 2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/takamul.v10i2.12606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mutia Puteri Rezeki, Zulfatmi Zulfatmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

Unique Visits 

View My Stats

Takammul : Jurnal Studi Gender dan Islam Serta Perlindungan Anak


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License