Digital Waqf Through Banking System: Millennial Moslem Behavioral Approach

Erike Anggareni, Gustika Nurmalia, A. Kumedi Ja'far

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji dampak dari digital syariah banking system terhadap wakaf uang pada generasi milenial di Pulau Sumatera. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif , populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah generasi millenial yang ada di pulau Sumatera dengan sampel 349 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Uji Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software smart PLS versi 7.0. Kesimpulan yang diperoleh adalah Perceived Usefulness (PU) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwakaf uang, artinya semakin tinggi manfaat yang dapat dirasakan oleh pengguna system digital bank syariah tidak dapat memengaruhi keputusan untuk berwaqf uang. Perceived Ease Of Use (PEU) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berwakaf uang artinya semakin generasi millennial merasakan kemudahan dengan bantuan system digital bank syariah maka keputusan untuk berwakaf uang semakin besar. Subjective Norm (SN) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berwakaf uang artinya persepsi lingkungan sekitar berdampak positif pada keputusan akhir dalam berwakaf melalui digital syariah system. Hubristic Pride (HP) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwakaf uang artinya keputusan generasi millennial dalam berwakaf uang melalui digital syariah system tidak di dasari dengan kebanggaan hubris dalam bentuk narsisme.


Keywords


Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Subjective Norm, . Hubristic Pride, Cash Waqf .

References


Abd Malik, A. N., & Annuar, S. N. S. 2021. “The Effect of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Reward, and Perceived Risk toward E-Wallet Usage Intention.” In Eurasian Business and Economics Perspectives, 115–30.

Ahn, H. K., Kim, S. H., & Ke, W. Y. 2021. “You Have Got Items to Show off Your Pride: The Effects of Pride on Preference for Attention-Grabbing Products.” European Journal of Marketing.

Ajzen, I., & Fishbein, M. (2005). "The Influence of Attitudes on Behavior”. The handbook of attitudes.

Ajzen, Icak. (2012). Martin Fishbein’s Legacy: The Reasoned Action Approach. The Annalas Of American Academiy Of Political and Social Science 60, no. 1: 11-27.

Al-Kabisi, Muhammad Abid Abdullah. 2004. “Hukum Wakaf: Kajian Kontemporer Pertama Dan Terlengkap Tentang Fungsi Dan Pengelolaan Wakaf Serta Penyelesaian Atas Sengketa Wakaf.” Jakarta: Dompet Dhuafa Republika & IIMaN.

Ali, Mohammad Daud. 1988. “Sistem Ekonomi Islam: Zakat Dan Wakaf.” Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Alsaad, A. K. 2021. “Ethical Judgment, Subjective Norms, and Ethical Consumption: The Moderating Role of Moral Certainty.” Journal of Retailing and Consumer Services 59: 102380.

Ansari, Abdul Ghofur. 2006. “Hukum Dan Praktek Perwakafan Di Indonesia.” Yogyakarta: Pilar Media.

Ashraf, Rida. 2018. “Multigenerational Employees: Strategies for Effective Management. International Journal of Economics & Management Sciences 7, no. 3. http://dx.doi.org/10.4172/2162-6359.1000528

Bin-Nashwan, S. A., Abdul-Jabbar, H., Dziegielewski, S. F., & Aziz, S. A. (2021). Moderating effect of perceived behavioral control on Islamic tax (zakah) compliance behavior among businessmen in Yemen. Journal of Social Service Research, 47(2), 292-302.

Djunaidi. 2007a. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Jakarta: Djunaidi, Pedoman Pengelolaan Wakaf Tunai (Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Zakat, Departemen Agama RI.

Djunaidi, Achmad. 2007b. “Pedoman Pengelolaan Wakaf Tunai.” Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Zakat, Departemen Agama RI.

———. 2007c. Strategi Pengembangan Wakaf Tunai Di Indonesia. Edited by Jakarta. Direktorat Pemberdayaan Zakat Departemen Agama RI.

———. 2007d. “Strategi Pengembangan Wakaf Tunai Di Indonesia.” Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Zakat, Departemen Agama RI.

Fachrulamry, D. M. R., & Hendrayati, H. 2021. “Perceived Ease of Use on Purchase Intention of Mobile Commerce Application. In 5th Global Conference on Business.” Roceedings of the 5th Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship 187: 512–16.

Firmansyah, Muhammad Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Ghozali. 2014. , I.Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square PLS Dilengkapi Software Smartpls 3.00 Xistat 2014 Dan WarpPLS 4.0. Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, Umrotul. 2005. “Cash Waqf Dan Kontribusinya Dalam Perekonomian Nasional.” El-Qisth 1, no. 2: 169.

Herispon. 2019. “Pendekatan Inklusi Keuangan Dan Teori Perilaku Terencana Dalam Analisis Perilaku Utang.” JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) 4, no. 2: 194. https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/jebi/article/view/245.

Ilchman, Warren F. 2006. “Filantropi Di Berbagai Tradisi Dunia.” Jakarta: CSRC.

Indonesia, Majelis Ulama. 2014. “Himpunan Fatwa Majelis Ulama Indonesia: Bidang Sosial Dan Budaya.” Jakarta: Dirjen Bimas Islam dan Urusan Haji Departemen Agama RI.

Maivalinda, Dkk. 2021. “Mengukur Minat Wakaf Uang Generasi Milenial Dalam Mendukung Pendanaan Pembangunan Berkelanjutan Sumatera Barat.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas 8, no. 5: 23.

Mannan, Muhammad Abdul. 2001. “Sertifikat Waqf Tunai: Sebuah Inovasi Instrumen Keuangan Islam.” Jakarta: PKTTI, UI.

Mohamad. 2014. Perilaku Konsumen. Mojokerto: Insan Global.

Parry, Frank. 2008. Digital Citizenship: The Internet, Society, and Participation. Emerald Insight.

Penyusun, Tim. 2003. Himpunan Fatwa Majelis Ulama Indonesia. Jakarta: Dirjen Bimas Islam dan Urusan Haji Departemen Agama RI.

Prasinanda, Risca Putri, and Tika Widiastuti. 2020. “PERAN NAZHIR DALAM MENGELOLA HASIL WAKAF UANG PADA BADAN WAKAF INDONESIA JAWA TIMUR.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 6, no. 12: 2553. https://doi.org/10.20473/vol6iss201912pp2553-2567.

Putu Ayu Mira Witriyanti Wida, Dkk. 2016. “Aplikasi Model TAM (Thecnology Acceptance Model) Pada Perilaku Penggunaan Instagram.” JUMA (Jurnal Ilmu Manajemen) 6, no. 2: 12. https://journals.usm.ac.id/index.php/jreb/article/download/1659/1078.

Rusydiana, Hidayat, Widiastuti, Rahayu. 2021. “Cash Waqf for Developing Islamic Economy: Case Study in Indonesia.” Al-Uqud: Journal of Islamic Economics 5, no. 1: 12.

Shatar, Wan Nuraihan Ab. 2021. “Eterminants of Cash Waqf Fund Collection in Malaysian Islamic Banking Institutions: Empirical Insights from Employees’ Perspectives.” ISRA International Journal of Islamic Finance, 13.

Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

———. 2015. Metode Penelitian. Cetakan Ke. Bandung: CV Alfabeta.

Suryadi, Nanda, and Arie Yusnelly. 2019. “Pengelolaan Wakaf Uang Di Indonesia.” Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 2, no. 1: 27–36. https://doi.org/10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3698.

Tamba, Darwis. 2019. “Aplikasi Theory of Planned Behavior Untuk Memprediksi Perilaku Mahasiswa Membeli Laptop Lenovo (Studi Kasus: Mahasiswa FE-Unika Santo Thomas SU).” Jurnal Manajemen Dan Bisnis 17, no. 2: 122.

Triyani Budyastuti & Diah Iskandar. 2018. “The Influence of Usefulness, Easy of Use and Trust Using E-Commerce To User Behaviour (Case Study To Lazada.Com Consumers)”. Journal of Marketing and Consumer Research 46, no. 1: 78-82. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JMCR/article/view/42514.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf.

Tika, Moh Pabundu. 2006. Metode Risert Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhayli, Wahbah. 2002. “Al-Fiqh Al-Islami Wa Adillatuhu, Juz I.” Beirut: Dar El-Fikr. Beirut: Dar al-Fikr.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ujhk.v7i1.22562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga

P-ISSN: 2620-8075
E-ISSN: 2620-8035

Published by Islamic Family Law Department, Sharia and Law Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia

El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga has been indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License

El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.