Peran Tokoh Masyarakat Dalam Penyelesaian Kasus Nusyus Suami

Khairuddin Khairuddin, Nahara Eriyanti, Amalia Mabrina

Abstract


Permasalahan yang sering terjadi dalam kehidupan rumah tangga yang dapat memicu terjadinya perceraian salah satunya adalah kasus nusyuz. Namun sering terjadi di kalangan masyarakat yaitu nusyuz suami yang merupakan suami yang meninggalkan tanggung jawabnya kepada keluarga, sebagaimana telah tersirat di dalam Q.S An-Nisa’ ayat 128. Dalam tulisan ini peneliti mengkaji tentang peran tokoh masyarakat dalam penyelesaian kasus nusyuz suami di Gampong Jeulingke. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini ada tiga: pertama, apakah faktor-faktor terjadinya kasus nusyuz suami di Gampong Jeulingke? Kedua, bagaimana peran tokoh masyarakat Gampong Jeulingke dalam menyelesaikan kasus nusyuz suami? Ketiga, bagaimana perspektif hukum Islam dalam menyelesaikan kasus  nusyuz suami di Gampong Jeulingke? Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa penyebab terjadinya nusyuz suami ada empat yaitu faktor selingkuh, faktor emosi, faktor ekonomi dan suami yang tidak tertarik lagi pada istri. Peran yang dilakukan oleh Gampong Jeulingke untuk penyelesaian kasus nusyus suami dengan menjadi hakam (juru damai) yaitu Tgk. Imam Gampong, Tuha Peut, Kepala Lorong dan tokoh masyatakat lainnya dengan cara menasihati, perdamaian atau mediasi apabila tidak dapat mencapai keputusan maka diselesaikan di pengadilan. Menurut perspektif hukum Islam penyelesaian kasus nusyuz suami yang dilakukan oleh Gampong Jeulingke sudah sesuai dengan hukum Islam berdasarkan Q.S Al-Imran ayat 104 dan Q.S At-Tahrim ayat 6.


Keywords


faktor-faktor Nusyuz dan Peran Tokoh Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Journals and Books

Amir Syarifuddin, Hukum Perkawinan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2011

Ardawati, Persepsi Masyarakat Tentang Nusyuz Serta Pengaruhnya terhadap Perceraian, Vol. 7 No.1, Juni 2015

Beni Ahmad Saebani, Fiqh Munakahat, Bandung: CV.Pustaka Setia, 2010

Kustini dan Ida Rosida, Ketika Perempuan Bersikap: Tren Cerai Gugat Masyarakat Muslim, Jakartra: Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2016.

Misran Dan Mayasari, Pengabaian Kewajiban Istri Karena Nusyuz Suami (Studi Penafsiran Imam Al-Thabari Terhadap Q.S An-Nisa Ayat 128, Jurnal Samarah, Vol 2 No. 2 (2018).

Mohammad Surya, Bina Keluarga, Bandung: Graha Ilmu, 2009.

Monty P. Satiadarma, Menyikapi Perselingkuhan, Jakarta: Pustaka Populer, 2010.

Muhammad Abdul Ghoffar, Menyikapi Tingkah Laku Suami, Jakarta: Almahira, 2006.

Mustafa Hasan, Pengantar Hukum Keluarga, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

Nabil, Jangan Mengeluh Istriku: 170 Persoalan Keluarga dan Solusinya, Yogyakarta:Pustaka Insan Madani, 2009

Rusli Halil Nasution, Talak Menurut Hukum Islam. Jurnal Al Hadi¸Vol 3, No. 2 (Januari-Juni 2018).

Pengambilan data dari Kantor Geuchik Gampong Jeulingke

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan.

Interviews

Wawancara dengan Aya Amida sebagai istri yang mengalami nusyuz suami, Gampong Jeulingke Kota Banda Aceh, 29 Desember 2019 pukul 11:00 WIB di kediaman Aya Amida.

Wawancara dengan Nafridah sebagai istri yang mengalami korban nusyuz suami, Gampong Jeulingke, Kota Banda Aceh 11 Juli 2020 pukul 12:00 WIB, di kediaman Nafridah.

Wawancara dengan Nurhayati sebagai istri yang mengalami korban nusyuz saumi, Gampong Jeulingke Kota Banda Aceh 11 Juli 2020 pukul 15:00 WIB di kediaman Nurhayati.

Wawancara dengan Nafrijah sebagai istri yang mengalami korban nusyuz suami, Gampong Jeulingke Kota Banda Aceh, pada hari Minggu tanggal 8 Maret 2020 pukul 14:00 WIB di kediaman Nafrijah.

Wawancara dengan Nurjannah sebagai istri yang mengalami nusyuz suami, Gampong Jeulingke Kota Banda Aceh, 29 Desember 2020 pukul 13:00 WIB di kediaman Nurjannah.

Wawancara dengan Tina Yustina sebagai istri yang mengalami nusyuz suami, Gampong Jeulingke Kota Banda Aceh, pada hari Sabtu tanggal 30 Desember 2020 pukul 15:00 WIB di kediaman Tina Yustina.

Wawancara dengan salah satu pihak keluarga Nafridah sebagai masyarakat yang mengetahui dan saksi melihat pertengkaran, Gampong Jeulingke Kota Banda Aceh 11 Juli Pukul 12:30 WIB, di kediaman Nafridah.

Wawancara dengan Siti Rahma sebagai istri yang mengalami nusyuz suami, Gampong Jeulingke Kota Banda Aceh, pada hari Minggu tanggal 8 Maret 2020 pukul 14:30 WIB di kediaman Ibu Siti Rahma.

Wawancara dengan Lisa Ginayatri sebagai istri yang mengalami nusyuz suami, Gampong Jeulingke Kota Banda Aceh, pada hari Sabtu tanggal 30 Desember 2020 pukul 11:30 WIB di kediaman Lisa Ginayatri.

Wawancara dengan Rohani sebagai istri yang mengalami nusyuz suami, Gampong Jeulingke Kota Banda aceh, pada hari Sabtu tanggal 30 Desember 2020 pukul 13:45 WIB di kediaman Rohani.

Wawancara dengan Ridwan sebagai suami dari Tina Yustina yang melakukan nusyuz suami, Gampong Jeulingke Kota Banda Aceh, pada hari Sabtu tanggal 30 Desember 2020 pukul 17:25 WIB di kediaman Bapak Ridwan.

Wawancara dengan Tgk. Saiful Bahri, sebagai Tgk. Imam Gampong Jeulingke Kecamatan Syiah Kuala Kabupaten Kota Banda Aceh, pada hari Minggu Tanggal 8 Maret 2020 Pukul 11:00 WIB di kediaman Tgk.Saiful Bahri.

Wawancara dengan Bapak Muhammad Syauqi sebagai sekretaris Gampong Jeulingke Kecamatan Syiah Kuala Kabupaten Kota Banda Aceh, pada hari Jum’at Tanggal 10 April 2020 Pukul 11:00 WIB di kantor Geuchik Gampong Jeulingke.

Wawancara dengan Bapak Zakaria Usman sebagai Tuha Peut Gampong Jeulingke Kecamatan Syiah Kuala Kabupaten Kota Banda Aceh, pada hari Sabtu tanggal 11 April 2020 Pukul 11:00 WIB di Kediaman Bapak Zakaria Usman.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ujhk.v5i1.8597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga

P-ISSN: 2620-8075
E-ISSN: 2620-8035

Published by Islamic Family Law Department, Sharia and Law Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia

El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga has been indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License

El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.