Perkembangan Hukum Islam Di Indonesia: Konsep Fiqih Sosial dan Implementasinya dalam Hukum Keluarga

Andi Darna

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang perkembangan hukum Islam di Indonesia yang difokuskan pada gagasan fiqih sosial yang teraplikasi dalam hukum keluarga. Fiqih sosial adalah hasil dari upaya menggali kembali hukum Islam melalui pengkajian pada sumber-sumbernya untuk diaplikasikan dalam realitas sosial. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan hukum Islam, sedangkan datanya diperoleh dari literatur yang dianalisis secara deskrpsiptif analitis. Kajian tersebut menyimpulkan bahwa fiqih sosial erat kaitannya dengan kemaslahatan manusia dalam bingkai maqashih al-syar’iyah. Fiqih sosial dapat dilihat aplikasinya dalam hukum keluarga misalnya; masalah kependudukan dan Keluarga Berencana yang memiliki hubungan dengan konsep pernikahan, batasan usia penikahan yang perlu pertimbangan kesiapan fisik, psikologis di samping aturan hukum Islam dan aturan perundang-udangan; dan hadhanah anak atau pengasuhan serta pemeliharaan anak menjadi aspek penting dalam ajaran Islam. Terkait dengan peluang untuk menerapkan fiqih sosial cukup terbuka lebar sebagai upaya menjawab problematika hukum Islam di Indonesia mencerminkan respon realitas sosial yang dapat dilihat dari fatwa yang dikeluarkan oleh lembaga atau organisasi keagamaan. Sedangkan tantangannya adalah dari sebagaian ulama tradisional yang masih melihat fiqih sebagai dogma serta kendala konfigurasi politik hukum.


Keywords


Perkembangan Hukum Islam, Fiqih Sosial, Hukum Keluarga, dan Maqashid al-Syar’iyah

Full Text:

PDF

References


Abd. Wahab Khallaf, Ilmu Ushul Fiqih, Beirut: Dar al-Qalam, 1978.

Abdul Azis Dahlan, (et.al), Ensiklopedi Hukum Islam, Jilid III, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994.

Abdul Muchith Muzadi, KH. Ali Yafie dan Peran Transformasi Sosialnya dalam Jamal D. Rahman, (et. al), Wacana Baru Fiqih Sosial: 70 Tahun KH. Ali Yafie, Cet.I; Bandung: Mizan, 1997.

Abidin Nurdin dan Fajri M. Kasim, Resolusi Konflik berbais Adat di Aceh: Studi tentang Adat dan Dampkanya dalam Membangun Perdamaian di Lhokseumawe, Conference Proceedings-ARICIS I, 2017.

Abidin Nurdin, Syariat Islam dan Isu-Isu Kontemporer, Banda Aceh: Dinas Syariat Islam, 2012.

Absori dan Fathul Mu’in, Pembangunan Hukum Islam di Indonesia: Studi Pemikiran Politik Hukum Islam di Indonesia dalam Kerangka al-Masalih, Jurnal al-Risalah, Vol. 15, No. 2 Desember 2015.

Abu al-Husain Ahmad bin Faris bin Zakariyah, Mu’jam Maqayis al-Lughah al-Arabiyah, Juz I, Beirut: Dar al-Fikr li al-Thaba’ah Wa al-Nasr, 1979.

Ahmad Baso, Melawan Tekanan Agama: Wacana Baru Pemikiran Fiqih NU dalam Jamal D. Rahman (et. al), Wacana Baru Fiqih Sosial: 70 Tahun KH. Ali Yafie, Bandung: Mizan, 1997.

Ahmad Rofiq, Pembaharuan Hukum Islam di Indonesia, Yogyakarta: Gama Media, 2001.

Akhmad Aly Royyan, Pemikiran KH. Ali Yafie dalam Hukum Keluarga, Skripsi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018.

Ali Yafie, Menggagas Fiqih Sosial: Dari Soal Asuransi, Lingkungan Hidup Hingga Ukhuwah, Bandung: Mizan, 1995.

Ali Yafie, Posisi Ijtihad dalam Keutuhan Ajaran Islam dalam Ahmad Azhar Basyir (et.al), Ijtihad dalam Sorotan, Cet.III; Bandung: Mizan, 1994.

Amir Syarifuddin, Hukum Perkawinan Islam di Indonesia: Antara Fiqh Munakahat dan Undang-Undang Perkawinan, Jakarta: Kencana, 2009.

Arief Aulia, Metodologi Fiqh Sosial M.A. Sahal Mahfudh, Jurnal el-Mashalahah, Vol. 7, No. 2, 2017.

Cik Hasan Bisri, Dimensi-Dimensi Hukum Islam dan Pranata Sosial di Indonesia, “Jurnal Dua Bulanan Mimbar Hukum Islam”, No. 39 Thn. 1998.

Fajri M. Kasim dan Abidin Nurdin, Study of Sociological of Law on Conflict Resolustion Through Adat in Aceh Community According to Islamic Law, Jurnal Samarah: Hukum Keluarga dan Hukum Islam, Volume 4, Nomor 2, 2020.

Fathorrahman, Kontruksi Pemikiran Fikih Sosial KH. Ali Yafie dalam Merespon Porgram Pemeintah di Era Orde Baru, Jurnal Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, Volume 14, Nomor 1, 2020.

Jamal D. Rahman (et. al), Wacana Baru Fiqih Sosial: 70 Tahun KH. Ali Yafie, Bandung: Mizan, 1997.

Jamal Ma’mur Asmani, Fikih Sosial Kiai Sahal Sebagai Fikih Peradaban, Ahkam: Jurnal Pemikiran Hukum Islam, Volume 24, Nomor 1, April 2014.

Mahsun Fuad, Hukum Islam Indonesia: Dari Nalar Partisipatoris Hingga Emansipatoris, Yogyakarta: LKiS, 2005.

Moh. Dahlan, Paradigma Fiqih Sosial KH. M. A. Sahal Mahfudh Dalam Menjawab Problematika Aktual Umat di Indonesia, Jurnal Nuansa, Vol. IX, No. 1, Juni 2016.

Muhaimin, Dari Numeriologi Hingga Fiqih Sosial: Menyambut 70 Tahun Prof. KH. Ali Yafie dalam Jamal D. Rahman, (et. al), Wacana Baru Fiqih Sosial: 70 Tahun KH. Ali Yafie, Cet.I; Bandung: Mizan, 1997.

Muhammad Yusuf, Efektivitas Pelaksanaan Hukum Jinayat di Aceh, Samarah: Jurnal Hukum Keluarga dan Hukum Islam, Volume 3 No. 1. Januari-Juni 2019.

Mursyid Djawas, Jejak Maqashid Al-Syari’ah Di Nusantara: Melacak Fuqahā‘ Berbasis Maqashid Al-Syari’ah dan Hasil Ijtihadnya, Conference Proceedings-ARICIS I, 2016.

Mursyid Djawas, Pembaharuan Fiqh di Indonesia: Mengungkap Konsep pemaharuan Fiqh Ali Yafie dan Hasil Ijtihadnya, Banda Aceh: Ar-Raniry Press dan Lembaga Naskah Aceh, 2013.

Penduduk terbanyak di Dunia 2020, ini Daftranya, https://travel.detik.com/travel-news/d-5285450, diaskes, 9 Desember 2020.

Sahal Mahfudh, Nuansa Fiqih Sosial, Yogyakarta: LKiS, 1994.

Satria Efendi M. Zein, Problematika Hukum Keluarga Islam Kontemporer: Analisis Yuriprudensi dengan Pendekatan Ushuliyyah, Jakarta: Kencana, 2004.

Sumanto al-Qurthuby, KH. Sahal Mahfudh: Era Baru Fiqih Indonesia, Yogyakarta: Cermin, 1999.

Yulianto, Mabadi’ Asyroh Nalar Fikih Sosial Ali Yafie, Jurnal Shahih, IAIN Surakarta, Volume 2, Nomor 1, Januari-Juni 2017.

Zainulbahar Noor, Dirigen Kebangkitan Ekonomi Umat dalam Jamal D. Rahman, (et. al), Wacana Baru Fiqih Sosial: 70 Tahun KH. Ali Yafie, Bandung: Mizan, 1997.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ujhk.v4i1.8780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga

P-ISSN: 2620-8075
E-ISSN: 2620-8035

Published by Islamic Family Law Department, Sharia and Law Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia

El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga has been indexed by:

 

Flag Counter

Creative Commons License

El-Usrah: Jurnal Hukum Keluarga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.