Konsep Belajar Menurut Islam

Darmiah Darmiah

Abstract


Dalam perspektif Islam, kecakapan yang konstruktif ini bisa dilihat misalnya, individu yang tidak mampu atau belum bisa melaksanakan wudhu dan shalat. Setelah melalui proses belajar, individu yang bersangkutan menjadi terampil dan terbiasa melaksanakan wudhu dan shalat1. Cara pembentukan sikap berbeda dengan cara pembentukan kebiasaan. Untuk membentuk kebiasaan dapat dilakukan melalui latihan, meniru dan pengulangan secara terus menerus2. Perubahan perilaku sebagai hasil belajar perspektif psikologi, dalam konteks Islam maknanya lebih dalam, karena perubahan perilaku dalam Islam indikatornya adalah akhlak yang sempurna. Akhlak yang sempurna mesti dilandasi oleh ajaran Islam. Dengan demikian, perubahan perilaku sebagai hasil belajar adalah perilaku individu muslim yang paripurna sebagai cerminan dari pengamalan terhadap seluruh ajaran Islam. Dalam pendidikan Islam, proses belajar yang pertama bisa kita lihat pada kisah Nabi Adam di mana Allah mengajarkan berbagai nama benda kepadanya. Dalam Alqur‟an dijelaskan bahwa Allah Swt. telah mengajarkan kepada Nabi Adam tentang nama-nama benda, tabiat dan sifat-sifatnya, dan Adam disuruh mengulangi pelajaran tersebut di hadapan para Malaikat. Peristiwa yang terjadi pada Nabi Adam ditegaskan dalam surat Al-Baqarah: 33 yang artinya: “Wahai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini……†Teori pengulangan sebagai salah satu teori belajar telah dinyatakan dengan jelas dalam Alqur‟an di mana Allah Swt. menyuruh Adam mengulangi menyebut nama-nama benda. Hal yang sama juga terjadi ketika Allah Swt. memerintahkan Nabi Muhammad Saw. untuk membaca. Secara berulang-ulang Allah Swt. menyebut kata “Iqra†dan memerintahkan Nabi Muhammad mengulanginya (Thohirin, 2005:
56).

Full Text:

PDF

References


Armai Arief, MA, Dr., Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Ciputat Pers: Jakarta Selatan), 2002

Jamil Zaim, Muhammad bin, Petunjuk Praktis Bagi Pendidik Muslim, (Pustaka Istiqamah:Jakarta), 1997

M. Dahlan Al Barry, Kamus Ilmiah Populer, (Arkola: Surabaya), 1994

Mahmud Yunus, Kamus Bahasa Arab-Indonesia, (PT.Hidakarya Agung: Jakarta), 1989 M. Natsir, Capita Selecta, (W.Van Hove: Bandung), 1954

Tayar Yusuf dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, (PT Raja Grafindo Persada: Jakarta), 1995

Zakiah Darajad, Dr, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Bumi Aksara: Jakarta), 2001

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Rosdakarya. Bandung. 1995

Syah,Muhibbin. Psikologi Belajar. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta.1999.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Sinar Grafika, 2003).

H.A.R. Tilaar, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Prespektif Abad 21(Magelang: Indonesia Tera, 1999), hlm.123 Juga dari berbagai sumber di internet




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v5i1.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmiah Pionir



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter