MODEL PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MIN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA

Hafid Maksum

Abstract


Penelitian ini merancang Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Kecakapan Pendidikan Karakter siswa pada MIN di Pidie Jaya. Permasalahan yang dirumuskan, Apakah ada perbedaan kecakapan Karakter kecakapan intelektual, Kecakapan partisipantoris siswa yang menggunakan model project citizen dengan model konvensional? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan postest antara siswa yang proses belajar mengunakan project citizen dengan siswa yang belajar secara konvensional dalam meningkatkan kecakapan pendidikan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain‖nonequivalent control group pre-test dan post test design. Dalam desain ini kedua kelompok tidak dipilih secara radom. Pengumpulan data dilakukan dengan pre dan post test dengan mengunakan tes angket. Dari hasil penelitian dapat ditemukan adanya peningkatan senifikan pada kecakapan intelektual, kecakapan kewarganegaraan dan kecakapan patisipatoris, antara kelas eksprimen dengan kelas control. Dan diharapkan Analisis data dapat menunjukkan bahwa siswa merespon positif pembelajaran Pendidikan Karakter dengan menggunakan model project citizen.

Keywords


Model Priject Citizent, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Budimansyah, D. (2009). “Project Citizenâ€UPI Bandung.

Budimansyah, D. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Bandung: PT. Genesindo.

Maleong, L. J. (1999). Model Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Roda karya.

Sopiah, P. (2009). Pengaruh Aplikasi Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Fortofolio Terhadap Pengembangan Budaya Karakter (Civic Culture). Acta Civicus, Vol. 2, April 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan


Indexed By:

     


Membership:

            



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License