PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MIN 3 KOTA BANDA ACEH

handayani handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada MIN 3 Kota Banda Aceh. Jenis penelitian kausalitas juga mengukur kekuatan hubungan dua variabel atau lebih, juga menunjukkan arah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.Dalam menentukan sampel penelitian dalam peneliti menggunakan Teknik Sampling Jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Maka yang dijadikan sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah siswa kelas VI pada MIN 3 Kota Banda Aceh. yang berjumlah 77 orang. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dengan bantuan SPSS Versi 24.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis grand mean variabel (X) penerapan kurikulum sebesar 3,14 berada pada interval 2,51-3,25 yang berarti bahwa penerapan kurikulum termasuk dalam kategori baik. Sedangkan grand mean variabel (Y) motivasi belajar sebesar 3,11 berada pada interval 2,51-3,25 yang berarti bahwa motivasi belajar termasuk ke dalam kategori baik. Hasil analisis korelasi product moment “pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada MIN 3 Kota Banda Aceh” dikatakan signifikan dengan nilai 0,710. Maka nilai 0,710 menunjukkan bahwa memiliki pengaruh yang positif dan tingkat hubungan yang sangat kuat dengan dilihat dari interval koefisien korelasi antara 3,80-1,000. Hasil perhitungan regresi linier sederhana yaitu Y = 10.663 + 0,902X dan R Square sebesar 0,710 berarti bahwa pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar sebesar 50,41%.  Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ho) “Terdapat pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada MIN 3 Kota Banda Aceh”. Sehingga hasil uji hipotesi dapat teruji kebenarannya dalam penelitian ini.


Keywords


Kurikulum, Motivasi, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Kuncoro, Muradjat. Metode Kuantitatif: Teori dan Apikasi untuk Bisnis dan Ekonomi Yogyakarta: STIM YKPN, 2001.

Pedoman Pemberian Bantuan Implementasi Kurikulum Tahun 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2013.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta, 2013.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 1




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i2.3871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter