INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERNITAS DALAM GERAKAN DAKWAH ORGANISASI MUHAMMADIYAH DI ACEH

Arifin Zain, Maimun Yusuf, Maimun Fuadi

Abstract


Organisasi Muhammadiyah dikenal sebagai sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang tajdid dan dakwah amar makruf nahi munkar. Muhammadiyah didirikan pada tanggal tanggal 18 Desember 1912 oleh KH Ahmad Dahlan atas dasar keprihatinan sosial, religius dan moral yang disebabkan oleh kebodohan, kemiskinan dan keterbelakagan umat. Pada tahun 1927, Muhammadiyah mendirikan cabang-cabangnya sampai ke Aceh. Di dalam konteks ke-Acehan, organisasi Muhammadiyah mengalami perkembangan luar biasa. Perkembangan ini dapat dilihat dari beberapa sisi, seperti keorganisasian, pendidikan, keagamaan, sosial, ekonomi dan budaya. Namun demikian, dari semua perkembangan yang telah diperoleh, kelihatannya perkembangan dalam bidang dakwah atau amar ma`ruf nahi munkar relatif lamban dan kurang berkembang. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai modernitas dalam gerakan dakwah, dan faktor-faktor penghambat gerakan dakwah organisasi Muhammadiyah di Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini dikatagorikan kepada dua macam: Pertama, sumber data primer yang di dapat dari hasil observasi dan wawancara. Kedua, sumber data sekunder meliputi naskah, dokumen dan semua informasi dari kegiatan dakwah organisasi Muhammadiyah di Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai modernitas dalam dakwah Muhammadiyah dilakukan melalui semua kegiatannya, seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial, pemikiran dan dakwah. Muhammadiyah juga mengalami sejumlah hambatan pada pelaksanaan internalisasi nilai tersebut mengingat organisasi ini relatif kecil di Aceh.

Keywords


Internalisasi; Nilai-nilai Modernitas; Dakwah; Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Achmad Jainuri. Ideologi Kaum Reformis: Melacak Pandangan Keagamaan Muhammadiyah Periode Awal. Lembaga Pengkajian Agama dan Masyarakat, 2002.

Ahmad Syafii Maarif. Al-Qur’an dan Tantangan Modernitas. Yogyakarta: Sipress, 1990.

Alfian. Muhammadiyah: The Political Behavior of a Muslim Modernist Organisation Under Dutch Colonialism. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1989.

Deliar Noer. Gerakan Moderen Islam di Indonesia, 1900-1942. Jakarta: LP3ES, 1996.

Endang Saifuddin Anshari. Wawasan Islam. Jakarta: Gema Insani, 2004.

Fazlur Rahman. Islam.Chicago: The University of Chicago Press, 1982.

Hassan Su`ud, M. Kontribusi Muhammadiyah Bagi Pembangunan Daerah Istimewa Aceh, dalam Muhammadiyah dalam Perspektif Cendekiawan Aceh.

James L. Peacock. Gerakan Muhammadiyah Memurnikan Ajaran Islam. Jakarta: Cipta Kreatif, 1986.

Mitsuo Nakamura. The Crescent Arises Over the Banyan Tree: a Study of the Muhammadiyah Movement in a Central Javanese Town. Institute of Southeast Asian Studies, 1983.

Mu`arif. Meruwat Muhammadiyah: Kritik Seabad Pembaruan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Pilar Religia, 2005.

Munawwir, A.W. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka progressif, 1997.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh. Tanfidz Keputusan Musyawarah Wilayah Ke-37 Muhammadiyah Aceh. Banda Aceh: Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, 2010.

Ris`an Rusli. Pembaharuan Pemikiran Modern dalam Islam. Jakarta: RajaGgrafindo Persada, 2014.

Rusdi Sufi. Perkembangan Muhammadiyah dan Kiprahnya dalam Bidang Politik Pada Masa Kolonial di Aceh, dalam Muhammadiyah dalam Perspektif Cendekiawan Aceh. Banda Aceh; Gua Hira`, 1995.

Syahrin Harahap. Islam dan Modernitas. Jakarta: Prenada, tt.

Syaifullah. Gerakan Politik Muhammadiyah dalam Masyumi. Jakarta: Grafiti, 1997.

Syarifuddin Jurdi. Elite Muhammadiyah dan Kekuasaan Politik: Studi tentang Tingkah Laku Politik Elite Lokal Muhammadiyah Sesudah Orde Baru. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2004.

Tim Penyusun Ensiklopedi Muhammadiyah. Ensiklopedi Muhammadiyah. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005.

Weinata Sairin. Gerakan Pembaruan Muhammadiyah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v1i1.1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Terimakasih Telah Mengunjungi Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh