URGENSI MENGENAL CIRI DISLEKSIA

Loeziana Loeziana

Abstract


Disleksia merupakan suatu gangguan yang berpusat pada sistem saraf, yang
karenanya penderita mengalami kesulitan dalam hal membaca, menulis, mengeja,
atau dapat dikatakan kesulitan dalam mengenali huruf-huruf. Oleh karena itu,
disleksia dikategorikan sebagai kesulitan belajar spesifik dalam masalah belajar
tertentu. Faktor disleksia meliputi; faktor fisiologis, intelektual, lingkungan, dan
psikologis. Anak yang mengidap disleksia mengalami ketidakmampuan dalam
membedakan dan memisahkan bunyi dari kata-kata yang diucapkan. Mengenal
secara baik ciri -ciri disleksia, dapat membantu orang tua sekaligus anak sebagai
pengidapnya untuk menghidari munculnya berbagai efek-efek negatif tambahan
yang disebabkan oleh penanganan yang keliru pada masa perkembangan.

Keywords


Disleksia, Psikologis, Fisiologis, Intelektual.

References


Wood, dkk., Kiat Mengatasi Gangguan Belajar, (Jogjakarta: Kata Hati, 2007).

James Le Fanu, Deteksi Dini Masalah-masalah

http://purwasetyawan.blogspot.co.id/2012/11/kenali-disleksia-sejak-dini.html.

diakses pada 11 Feb 2017. 15.50. 2012-1-00569-ps bab 2.pdf. diakses pada 11

feb 2017.

http://www.alodokter.com/disleksia. diakses pada 11 Feb 2017.

http://lampost.co/berita/mengenali-tanda-tanda-disleksia-pada-anak.

diakses pada 24 Feb 2017.

Madinatul Munawaroh dan Novi Trisna Anggrayani.Prosiding, Mengenali Tanda-

Tanda Disleksia pada Anak Usia Dini. Universitas PGRI Yogyakarta.

Martini Jamaris, 2006,Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanakkanak,

Grasindo, Jakarta.

Najib Sulhan, Pembangunan Karakter Pada Anak Manajemen Pembelajaran Guru

Menuju Sekolah Efektif, (Surabaya: SIC, 2006).

Varia Nihayatus Saadah, dan Nurul Hidayah. Jurnal: Pengaruh Permainan Scrabble

Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Disleksia (Vol. 1, No. 1, Juli

.

Virzara Auryn, How to Create A Smart Kids (Cara Praktis Menciptakan Anak Sehat dan

Cerdas), (Yogyakarta: Kata Hati, 2007).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v3i2.1698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak



Indexed by :

    

Support by:

 

Collaborate with:

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔  Published by Early Childhood Islamic Education study program, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia. No ISSN: 2460-4437, E-ISSN: 2549-3329

▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔▔

Flag Counter

  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.