RAHASIA ZIKIR ASMAUL HUSNA DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH

Loeziana Uce

Abstract


Islam memberikan salah satu jalan kepada umatnya untuk meraih ketentraman hidup melalui pernikahan. Dengan pernikahan ini pasangan suami isteri diharapkan akan berada dalam susana damai, tentram dan bahagia. Terjalin keharmonisan di antara suami isteri yang saling mengasihi dan menyayangi sehingga masing-masing pihak merasa tertram, damai dan bahagia dengan kehadiran pasangan hidupnya.. Suasana keluarga yang tentram, damai dan bahagia ini diistilahkan dengan keluarga sakinah. Keluarga Sakinah , dalam kehidupan sehari-hari masyarakat muslim terutama di Indonesia, bukanlah sesuatu yang asing. Ungkapan ini terasa sangat akrab ditelinga masyarakat dan bahkan telah dijadikan slogan umum untuk mengungkap doa dan harapan ingin diraih oleh pasangan yang akan ataupun tengah membina rumah-tangga. Kendati demikian, ternyata ungkapan ini hanya akrab ditelinga. Realitanya banyak yang belum memahami baik secara definitif maupun makna, tentang gambaran, konon lagi wujud dan persyaratannya sehingga banyak pasangan yang menemukan banyak kesulitan dalam menggapai Keluarga sakinah sebagaimana yang dimaksudkan dalam al-Qur’an.Pada hakikatnya setiap permasalahan ada solusinya demikian juga dengan permasalahan ini. Sesungguhnya Islam telah memberikan pembelajaran-pembelajaran melalui Al-Quran dan Rasulnya tentang konsep sebuah keluarga agar keluarga menjadi sakinah yang tentram penuh kedamaian. Hal ini menjadi yang dilakukannya sebuah penelitian di International University of Asmaul Husna (IUAH). Dari hasil penelitian tersebut, ternyata keluarga Sakinah yang penuh ketentraman dan kedamaian salah satu caranya dapat diwujudkan dengan cara berzikir, menggunakan nama-nama Allah yang terdapat didalam ke 99 Asmaul Husna.

Keywords


Zikir,Asmaul Husna & keluarga sakinah.

Full Text:

PDF

References


Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Balai Pustaka, Jakarta: 2002).

Tafsir Al Qur’an.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, ed. 3-cet. 2, Jakarta: Balai Pustaka.

Morissan. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. (Kharisma Putra Utama, 2014).

Wan Maseri Binti Wan Mohd . Zikir 99 Asmaul Husna.dan bicara hati ringkas www.university of Asmaul Husna.com diakses 19 November 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/equality.v4i2.4535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

INDEXED BY:

VISITORS:

Flag Counter

UNIQUE VISITS

View My Stats

Creative Commons License

Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.