Peran Pustakawan dalam Manajemen Konflik di Perpustakaan

Cut Putroe Yuliana

Abstract


Artikel ini berjudul Peran Pustakawan dalam Manajemen konflik di Perpustakaan dimanafokus pembahasan dari artikel ini adalah bagaimana seorang pustakawan dapat berperan dengan baik dalam organisasinya untuk menyelesaikan gesekan-gesekan yang terjadi di dunia perpustakaan. Untuk mewujudkan itu semua Pustakawan dituntut untuk memiliki kompetensi, pengetahuan dan keterampilan dalam hal penyediaan informasi dan mampu menemukan solusi dari setiap problematika pada saat terjadi kesalahpahaman menerjemahkan ide-ide yang ada antara pustakawan dan pegawai perpustakaan dan pemustaka. Pada umumnya konflik berlangsung dalam lima tahap, yaitu tahap potensial, konflik terasakan, pertenangan, konflik terbuka, dan akibat konflik. Konflik dapat dicegah atau dikelola dengandisiplin, pertimbangan pengalaman dalam tahapan kehidupan, komunikasi, mendengarkan secara akti,danteknik ataukeahlian untuk mengelola konflik.

Full Text:

PDF

References


E. Koswara, dkk., (1998) Dinamika Informasi Dalam Era Global, Bandung: Pengurus Daerah IPI Jawa Barat dan Remaja Rosdakarya

Mulyasa E.,(2004) Menjadi Kepala Sekolah Yang Professional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suwarto, F.X.. (2009) Budaya Organisasi; Kajian Konsep dan Implementasi, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Winardi., (2004) Manajemen Konflik (konflik Perubahan dan Pengembangan) Bandung: cv. Mandar Maju

Internet:

“keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.045/U/2005 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggiâ€, diakses dari http://www.dikti.go.id/Archive2007/kepmendiknas no 045u2002.htm/

Sri Badriyati, Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan terapi dan Rehabilitas Korban Penyalahgunaan Narkoba di BKS Pamardi Siwi dalam http://lontar.ui.ac.id/file?file=digital/115926-T%2022634-Pengaruh%20kompetensi.pdf

Sri Rumaini, “Kompetensi Pustakawan dan Teknologi Informasi untuk meningkatkan Kualitas Pelayanan di Perpustakaan Nasionalâ€, dalam visi pustaka: majalah perpustakaan, vol.10, no. 3 Desember 2008, (Jakarta: perpustakaan Nasional RI, 2008) dalam http://www.pnri.go.id/Attachment/MajalahOnline/Kompetensi%20Pustakawan%20dan%Teknologi%20Informasi%20untuk%20Meningkatkan%20Kualitas%20Pelayanan%20di%20Perpustakaan%20Nasional.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/2408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.