PENINGKATAN KUALITAS PENILAIAN INSYA’

Asyraf Muzaffar

Abstract


Penilaian insya’ memiliki kelemahan dalam hal atribut dasar penilaian tes yang baik, yaitu reliabilitas dan validitas yang rendah. Kelemahan ini memang merupakan bagian inheren dari penilaian insya’ seperti tes subjektif lainnya. Namun demikian, keadaan ini semakindiperburuk jika pemeriksa yang memeriksa insya’ kurang memahami permasalahan penilaian insya’ dan kurang menguasai metode-metode penilaiannya. Oleh karena itu perlu adanya kemauan dan upaya pada setiap pemeriksa untuk meningkatkanpemahaman terhadap masalah ini. Dalam pelaksanaan penilaian, seorang pemeriksa akan memutuskan untuk menggunakan metode yang paling sesuai dengan mempertimbangkan keadaan yang meligkunginya. Dalam konteks pembelajaran,al-thariqah al-jama’iyyah dan al-thariqah al-tahliliyyah atau penggabungan keduanya akan memberikan manfaat yang lebih aplikatif bagi pencapaian tujuan pembelajaran. Di sisi lain al-thariqah al-inthiba’iyyahatau penggabungannya dengan al-thariqah al-jama’iyyahjuga memiliki keunggulan tersendiri berdasarkan pandangan bahwa insya’ yang baik lebih dari sekedar kumpulan unsur-unsur individual.Pemeriksa akan mampu menangkap kesan keseluruhan dan keutuhan sebuah insya’ jika menggunakan al-thariqah al-inthiba’iyyah. Karena itu pemeriksa harus menyadari dan mengetahui kelebihan masing-masing metode sehingga dapat membuat pilihan yang paling sesuai dengan level pendidikan dan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan.

 


Keywords


Penilaian insya’, al-thariqah al-inthiba’iyyah, al-thariqah al-jama’iyyah dan al-thariqah al-tahliliyyah, al-thariqah al-aaliyah

Full Text:

PDF

References


Al-Khauli, Muhammad Ali, Al-Ikhtibarat al-Lughawiyyah, Al-Urdun: Dar al-Falah li al-Nasyr wa al-Tauzi’,2000

Al-Thabib, Ahmad Muhammad, al-Taqwim wa al-Qiyas al-Nafsiy wa al-Tarbawiy, Iskandariyah: al-Maktab al-Jamiiy al-Hadits, t.t

Crocker, Linda & Algina, James,Introduction to Classical and Modern Test Theory, New York: CBS College Publishing, 1986

Gronlund, Norman E., Assessment of Student Achievement, Boston: Allyn and Bacon, 1998

Heaton, J.B.,Writing English Language Tests, New York: Longman Inc, 1995

Linn, R. L.Educational Measurement (3rd Ed), New York: Macmillan, 1988

Lyman, Howard B., Test Scores and What They Mean (6th ed.),Boston: Allyn and Bacon, 1998

Matsna HS, Moh. & Mahyudin, Erta,Pengembangan Evaluasi dan Tes Bahasa Arab, Tangerang Selatan: Alkitabah, 2012

Muhammad, Muhammad Abdul Khaliq,Ikhtibarat al-Lughat, Ar-Riyadh: ‘Imadah Syuun al-Maktabat, 1989

Thissen, David & Wainer, Howard,Test Scoring, New Jersey: Laurence Erlbaum, 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/l.v4i2.850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Asyraf Muzaffar

License URL: http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/article/view/850

Jurnal Lisanuna
Jurnal Lisanuna©2022/2023, Published by Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),  Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh
All rights reserved
=================
To be Indexed by:

 

Flag Counter