Peranan Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Pendidikan Islam: Pengembangan Bakat Minat Anak

Silahuddin Silahuddin

Abstract


Education will work well if supported by all aspects of education that includes family, community and school. All three are aspects that can not be mutually interconnected with each other. Parents are the first most responsible parties in developing talents and interests of children, then the children's education will be directed through professionals who are in the school environment, and in the community.

Keywords


Peranan Keluarga, poros utama, internalisasi, dan nilai

Full Text:

PDF

References


Abdul Mustaqim, Menjadi Orang Tua Bijak, Bandung: Mizan, 2005.

Abdul Rahman Shaleh, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2004.

Abu Ahmadi, Psikologi Umum, Jakarta: Rineka Cipta, 2003 .

Agus Soejanto, Bimbingan ke Arah Belajar yang Sukses, Jakarta: Rineka Cipta, 1981.

Alex Sobur, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Emilia Naland, Mengembangkan Minat dan Bakat Remaja†National Counseling Workshop LK3, Jakarta, 2007.

Endang Saefuddin Anshari, Wawasan Islam Pokok-Pokok Pikiran tentang Islam dan Umatnya, Jakarta: Rajawali, 1986.

H. M. Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Keluarga, Jakarta: Bulan Bintang, 1980.

Husen, T. Learning Society. Trans. Miarso (Ed) (1988). Jakarta: Rajawali Pers, 1975.

M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1987.

Muhammad Noor Syam, Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila, Cet. IV, Surabaya: Usaha Nasional,1988.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Jakarta: Rosda, 1998.

Pidarta, M. Manajemen Pendidikan Indonesia. Edisi Pertama, Jakarta: Bina Aksara, 1988.

Roem, T, Mansour Fakih., Toto Rahardja (Penyunting). (Merubah Kebijakan Publik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2000.

Rosady Ruslan, Manajemen Humas dan Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada,2002.

Sudarwan Danim, Inovasi Pendidikan dalam upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia. 2002.

Suparlan, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Dari Konsepsi sampai dengan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Hikayat, 2004.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Syaiful Bahri Djamarah, Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga Sebuah Perspektif Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Tarmizi, Pengantar Metodelogi Pengajaran di Madrasah, Jakarta: Purnama, 1993.

Utami Munandar, Mengembangkan Bakat dan Keaktifan Anak, Jakarta: Gramedia, 1985.

Wanardi, Sumarto, Muchlidawati, Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Jakarta: Depdikbud, 1997.

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. V, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v7i1.1514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

      

          

The Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam (ISSN 2089-5127, e-ISSN 2460-0733) is published by the Center for Research and Community Service (LP2M) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia. Copyright © 2022 Author.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License