WORLD VIEW PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK YANG HOLISTIK DAN INTEGRATIF

Samsul Bahri

Abstract


This paper discusses the world view of Islamic education on the formation of the character of learners are holistic and integrative. The method used is descriptive analysis by using historical approach. This study proves that the world view of Islamic education in character education has become the vision and mission of Islamic education, it is seen in the goal of Islamic education, the responsibility of educators. This study also concludes the prophetic mission of Islamic education is to develop character education of students or morality and educate individuals to believe in God and implement their Shari'ah. It's just that this mission has not been achieved because it stumbles with a mall-educational practice. Therefore, teachers are willing to innovate and creativity to characterize character education strategies in a balanced way through implementation in learning through exemplary.

Keywords


world view, pendidikan Islam, karakter, holistic dan integrasi

Full Text:

PDF

References


Abuddin, N. (2012). Kapita Selekta Pendidikan Islam, Isu-isu Kontemporer Pendidikan Islam.

Adian Husaini, Pendidikan Islam Membentuk Manusia Berkarakter dan Beradab, Jakarta: Cakrawala Publishing, 2012.

Ahmad, A. (2011). Misi Propetik Pendidikan Islam: Membentuk Karakter Menuju Transformasi Sosial Membangun Peradaban. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 8(1), 175-188.

Ahmad Hasan Firhat, 1992, Khalifah fi al-Ardh; Pembahasan Kotekstual, Jakarta: Cakrawala Persada.

Ahmad Tafsir, 2010, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmad Tafsir, 1994, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosadakarya.

Ahmad Tafsir, 2012, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam Di Rumah, Sekolah. Gema Insani.

Armai Arief, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Asmawan Sahlan dan angga Teguh Prastyo, 2012, Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Aruzz Media.

Azra, A. (1999). Esei-esei intelektual Muslim dan pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu.

Azra, A. (2002). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Kompas.

Azra, A. (1999). Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Bahtiar Effendy, 2001, Teologi Baru Politik Islam, Pertautan Agama, Negara, dan Demokrasi, Yogyakarta: Galang Press.

Bejamin S. Bloom, (ed) , 1956, Taxnomy of Education Obfectives Handbook 1, Cognitive Domain, New York: Longman Inc.

Depertemen Agama RI, 2000, Ilmu untuk Disiplin Pendidikan, Buku Daras Pendidikan Islam Pada Perguruan tinggi Umum, Jakarta: Depag.

Didin Hafidhuddin, Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama, jurnal Pendidikan Islam, Ta’dibuna, Vol 1/No. 1/ Juni 2011, h. 22

Eko Supriyanto, 2004, Inovasi Pendidikan; Isu-Isu Baru Pembelajaran, Manajemen dan Sistem Pendidikan di Indonesia, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Press.

Fadhil al-Djamali, 1988, Menerebas Krisis Pendidikan Dunia Islam, Jakarta: Golden Terayon Press.

Gofur, A. (1982). Desain Instruksional (Suatu Langkah Sistematis Penyusunan Pola Dasar Kegiatan Belajar dan Mengajar). Surakarta: Tiga Serangkai.

H. Abu Ahmadi, Nur Uhbiyati, 2001, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan Ibrahim Abdu Al’, 1988, Min Alami Tarbiyyah Arabiya Islamiyah, Maktab: Tarbiyah al-Arabi Lidduali khalic.

Hasan Langgulung, 2000, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: Al-Husna Zikra.

Hasan Langgulung, 1994, Manusia Dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Hasan Langgulung, 2002, Peralihan Paradigma Dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial, Jakarta: Gaya Media Pratama.

Herwina Bahar, Dalam Jurnal Pemikiran Islam Kontemporer, Miskatul Anwar, Tujuan Pendidikan Dalam Persfektif Al-Qabisi, Volume 7, 1 Juni 2001, h. 111-121.

Hery Noer Aly, H. Munzier S., 2000, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung Insani.

Ibn Miskaawaih, 1934, Tahzib al-Akhlaq wa Tathir al-‘Araq, Mesir: al-Matba’ah al-Misriyah.

Ismail (ed) , 2001, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khalid ibn Hamid al-Hazimy, 2003, Ushl al-Tarbiyyah wa al-Islamiyyah, Damaskus: Dar al-Fikr.

M. Quraish Shihab, 1994, Membumikan al-Qur’an, Bandung: Mizan.

M. Rusli Karim, 1991, Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta, Yogyakata: Tiara Wacana, Cet I.

Majid, A., Wardan, A. S., & Andayani, D. (2011). Pendidikan karakter perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Mohammad Surya, 2013, Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta.

Muchtar Buchori, 1994, Ilmu Pendidikan dan Praktek Pendidikan, Jakarta: Muhammadiyah Press.

Muhaimin, 2006, Nuansa Baru Pendidikan Islam, Jakarta, Rajawali Press.

Muhaimin dan Abdul Mujib, 1993, Pemikiran Pendidikan Islam; kajian Filosofis dan kerangka Oprasional, Bandung: Trigenda Karya.

Muhammad ‘Atiyah al-Abr.sy., 1969, al-Tarbiyyah al-Islamiyah Wa Falsifatuh. Kairo: Is. al-B.b. al-.alab..

Muhammad Abd al-Qadir Ahmad, 1981, Thuruq Ta’lim al-Tarbiyah al-Islamiyah, Kairo: Maktabah al-Nahdlah.

Muhammad Ali Murshafi, 2009, Bagaiman Mendidik Anak Agar Cerdas dan Berbakti, Surakarta: Ziyad Vizi Media.

Mulkhan, A. M. (2002). Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam. Tiara Wacana Yogya.

Nata, A. (2005). Pendidikan dalam perspektif al-Qur’an. Jakarta: UIN Jakarta.

Nirwan Syafrin Manurung, Problematika Pendidikan Islam Kontemporer, jurnal Pendidikan Islam, Ta’dibuna, Vol 1/No. 1/ Juni 2011, h. 110.

Novan Ardy Wiyani, 2013, Membumikan Pendidikan Karakter di SD, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ramayulis, 2002, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Sa’dun Akbar, 2011, “Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasarâ€, Naskah Pidato Pengukuhan Guru Besar, Malang, Universitas Negeri Malang.

Saifullah, S. (2017). Konsep Pembentukan Karakter Siddiq dan Amanah pada Anak melalui Pembiasaan Puasa Sunat. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 77-102.

Salahuddin Wahid, 2003, HAM dan Pendidikan Agama, Jurnal Edukasi, Volume I, Nomor 1 Januari-Maret.

Samsul Nizar, 2001, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Nizar, Jakarta: Gaya Media Pratama.

Soebijantoro, Kecerdasan Emosional dalam Konteks Hidden Curriculum, Jurnal Pendidikan, Vol. 12 No. 1, Juni 2006.

Suwendi, 2004, Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam, (Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suwito, 1995, Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibn Miskawaih, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas, 1980, The Concept of Education in Islam, A. Framework forAn Philosophy of Education, Kuala Lumpur: Muslim Youth Movement of Malaysia, ABIM.

Syek Muhammad Naquib al-Attas, 1981, Islam and Sekularisme, Bandung: Pustaka.

Thomas Lickona, 2012, Education for Charatecter, How Our Schools Can Teach Resect and Responsibility, terj. Sahlan, Jakarta: Bumi Aksara.

Zubaidi, 2012, Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Zuhairini dkk, 1995, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jm.v7i2.2361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Prodi PAI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact Person Ismail Darimi Email: jurnal.mudarrisuna@ar-raniry.ac.id

Membership:

            



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License