Penerapan Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbantu Video Animasi Dalam Pelajaran Al-Qur’an Hadis Pokok Materi Arti Q.S. AD-Duha
Abstract
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran ASSURE berbantu video animasi dalam pembelajaran Hadis dan Al-Qur'an pada materi QS a d - Duhâ kelas VI di MI Darul Ulum Sidoarjo. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Hasil wawancara dan observasi merupakan cara untuk mendapatkan implementasi data dalam pembelajaran ASSURE dengan video. Berdasarkan hasil riset ini jika dilihat bahwa desain pembelajaran ASSURE dengan video sangat diterapkan pada pembelajaran Hadis dan Al-Qur'an sehingga dapat mewujudkan kegiatan pembelajaran yang menarik, efisien, dan efektif. Dengan demikian penerapan sistem belajar menggunakan video animasi yang diterapkan kepada para peserta didik yang berada di VI MI Darul Ulum Sidoarjo ini adalah adanya peningkatan keaktifan belajar siswa, membuat hasil belajar siswa, motivasi siswa, dan adanya peningkatan hafalan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmadi, Heri, Suharno, and Nunuk Suryani. 2014. “Penerapan Model ASSURE Dengan Menggunakan Media Power Point Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Usaha Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013.” Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2(1): 35–48.
Akmal Hawi. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada4.
Destrinelli, Dwi Kurnia Hayati, and Endang Sawinty. 2018. “Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar.” JFPD: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 3(2): 313–33.
Eva, Rosmalia. 2015. “Pengaruh Aplikadi Model ASSURE Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi.” Jurnal Pendidikan Geografi 15(2): 8–14.
Ilsa, Aulya, Farida F, and Mardiah Harun. 2021. “Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi PowerDirector 18 Di Sekolah Dasar.” Jurnalbasicedu 5(1): 288–300.
Khair, Hijratul, and Imaniah Elfa Rachmah. 2018. “Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di MIN 4 Tanah Laut Kecamatan Batu Ampar.” Darris: Jurnal Pendidikan Madrasal Ibtidaiyah 1(1): 27–37.
Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muzzaki, Ahmad, Husniyatus Salamah Zainiyati, Dani Cahyani Rahayu, and Husnul Khotimah. 2021. “Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10(1): 149–62.
Ponza, Putu Jerry Radita, I Nyoman Jampel, and I Komang Sudarma. 2018. “Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar.” Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha 6(1): 9–19.
Purwanti, Budi. 2015. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure.” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 3(1): 42–47. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2194.
Rohmah, Annisa Nidaur. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar).” CENDEKIA Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam 9(2): 193–210.
Safitri, Indah Kurnia, Nur Ducha, and Isnawati. 2015. “Kelayakan Teoritis Media Animasi Interaktif Electronic Game Flash Sirkulasi Manusia.” Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 4(3): 1023–28.
Shoimah, Retni Nuzilatus. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Konkrit Untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Ma’Arif Nu Sukodadi-Lamongan.” MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 3(1).
Sugiyono and Republik Indonesia. 2010. “‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.’” Journal of Experimental Psychology: General.
Suharni, Leli Tuti, and Farida Fachrudin. 2019. “Pengembangan Desain Pembelajaran Dengan Model Assure Di Sekolah Dasar.” Jurnal basicedu 3(2): 976–82. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/193/pdf.
Tessa Qoriah Rasidi. 2016. “Implementasi Desain Pembelajaran ASSURE Model Pada Mata Pelajaran PAI Dengan Materi Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan Umayyah Dan Abbasiya.” atthulab: islamic religion teaching and learning journal Vol 1, No(Kolisch 1996): 1–16.
Winaya, I. G., I. W. Santyasa, and I. D. P. Raka Rasana. 2013. “Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menulis Narasi Siswa Kelas Vii5.” Teknologi Pembelajaran Indonesia 3(1).
Zainiyati, Husniyatus Salamah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep Dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1st ed. ed. RUDY AL-HANA. jakarta.
Zuhaida, Anggun, Nur Hasanah, and Wulan Izzatul Himmah. 2018. “Model Madrasah Sains Integratif: Menakar Konsep Dan Strategi Pembelajaran Berbasis Relasi Sains Dan Agama.” INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 12(2): 435–56.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jie.v6i1.14909
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Welcome to DAYAH: Journal of Islamic Education open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your articles
DAYAH: Journal of Islamic Education
All works are licensed under CC BY-SA
© DAYAH: Journal of Islamic Education 2019. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Master's Degree of the Department of Islamic Education, Postgraduate Program of Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.
Indexed by:
Supported by: