Kurikulum dalam Perspektif Imam al-Ghazali dan Relevansinya dengan Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka

Imam Hanafie, Khojir Khojir

Abstract


Kurikulum pendidikan Islam dalam perjalanannya senantiasa mengalami perkembangan yang cukup siginifikan meskipun jaman terus berubah. Namun demikian jejak-jejak historis kurikulum pendidikan Islam masih tetap tampak benang merahnya dengan pemikiran para tokoh terdahulu. Patut kita gali dan lestarikan pada sisi-sisi yang masih masih memiliki relevansi dengan kondisi kekinian. Peneitian ini bertujuan untuk menguraikan relevansi antara Kurikulum Merdeka pada Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran PAI dengan pemikiran pendidikan dalam perspektif al-Ghazali. Untuk tujuan penelitian ini, digunakan penelitian pustaka dengan pendekatan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan Islam Imam al-Ghazali tentang kurikulum pendidikan Islam sangat relevan dengan konsep Kurikulum Merdeka, di mana relevansinya tampak pada adanya Trilogi Hubungan, yaitu: hubungannya dengan nilai Ketuhanan, Kemanusiaan dan Kealaman pada desain kurikulum hasil pemikiran al-Ghazali dengan Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Kurikulum Merdeka.

Keywords


all-Ghazali; kurikulum; capaian pembelajaran; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali. Ihya’Ulum al-Din, Vol. I. Mesir: Maktabah Syuruq Dauliyah. 2010.

Al-Ghazali. Mutiara Ihya Ulumuddin: Ringkasan Yang Ditulis Sendiri Oleh Sang Hujjatul Islam. Edited by Tholib Anis. 1st ed. Bandung: Mizan, 2008.

Arista, Rizki Noura. “Konsep Pendidikan Menurut Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Tawadhu 3, no. 2 (2019): 883–92.

BSKAP, Kemdikbud RI. Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka, Pub. L. No. Keputusan Kepala BSKAP 033/H/KR/2022, 1822 (2022).

Febriani, Revi. “Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar.” IAIN Bengkulu, 2021.

Gani, Abd. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah 02, no. 01 (2022): 18–31.

Hidayat, Rahmat. Ilmu Pendidikan Islam: Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Edited by Candra Wijaya. 1st ed. Medan: LPPPI Medan, 2016.

Marwan, and Najmi Syakib. “Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Kontemporer” 16, no. 1 (2022): 23–32.

Mukromin, Mukromin. “Pemikiran Imam Al-Ghazali Dalam Pendidikan Islam.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2019): 33–42. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.814.

Musfiroh, Imroh Atul. “Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali.” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 2, no. 1 (2014): 14.

Nurmayuli. “Al-Ghazali Dan Pemikirannya.” Al-Mabhats: Jurnal Penelitian Sosial Agama 2, no. 1 (2017): 125–50.

Rahman, Mhd Habibu. “Metode Mendidik Akhlak Anak Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak 1, no. 2 (2019): 30. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i2.5459.

Rasyidah, Annisa. “Konsep Pendidikan Menurut Al-Ghazali.” Fikruna 2, no. 2 (2020): 1–14. https://doi.org/10.56489/fik.v2i2.16.

Ridwan, Muannif, Bahrul Ulum, Fauzi Muhammad, Islam Indragiri, and Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. “Pentingnya Penerapan Literature Review Pada Penelitian Ilmiah.” Jurnal Masohi 2, no. 1 (2021): 42–51.

Saepuddin. Konsep Pendidikan Karakter Dan Urgensinya Dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al-Ghazali. Edited by Saepuddin and Septian Doni. STAIN Sultan Abdurrahman Press. 1st ed. Vol. 1. Bintan: STAIN Sultan Abdurrahman Press, 2019.

Sari, Milya. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6, no. 1 (2020): 41–53.

Shodiq, Muhammad Jafar. “Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali.” Jurnal Literasi VII, no. 2 (2016): 136–52.

Takwil, Moh. “Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Al-Ghazali.” Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (2020): 196–209.

Yakin, Syamsul. “Kritik Al-Ghazali Terhadap Aliran Bathiniyah Terkait Konflik Politik Sunni Dan Syiah Di Panggung Sejarah.” Refleksi 16, no. 1 (2018): 105–30. https://doi.org/10.15408/ref.v16i1.10178.

Yani Yuri, Indri, Hakmi Wahyudi, and Muhammad Rafi’i Ma’arif Tarigan. “Pembagian Ilmu Menurut Al-Ghazali (Tela’ah Buku Ihya’ ’Ulum Ad-Din).” Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman 19, no. 2 (2020): 180–98. https://doi.org/10.24014/af.v19.i2.11338.Pendahuluan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jie.v6i1.15947

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Welcome to DAYAH: Journal of Islamic Education open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your articles

 

DAYAH: Journal of Islamic Education

WebAnalytics

All works are licensed under CC BY-SA

© DAYAH: Journal of Islamic Education 2019. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with Master's Degree of the Department of Islamic Education, Postgraduate Program of Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

Free counters!

Indexed by:

            

               

          

                 

Supported by