KEANEKARAGAMAN BURUNG DI KAWASAN LINGKAR KAMPUS KOPELMA DARUSSALAM

Miratil Hayati, Nadiatul Asra, Syahrul Rahmanda

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman fauna, diantaranya   adalah   burung.   Burung   dapat   dijadikan   indikator   kegiatan pengelolaan  lingkungan  karena  keberadaannya  pada  suatu  habitat mengindikasikan kualitas kesehatan lingkungan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis burung pada lingkar kampus Kopelma Darussalam di Kecamatan Syiah Kuala Kabupaten Banda Aceh Provinsi Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode titik hitung. Populasi dalam penelitian ini adalah burung yang terdapat diseluruh lokasi penelitian, sampel dalam penelitian ini adalah burung yang terdapat pada setiap titik pengamatan. Pengamatannya dilakukan dengan cara melakukan pencatatan jenis burung pada setiap titik pengamatan selama 20 menit. Jumlah jenis burung di Lingkar Kampus Kopelma Darussalam terdapat 15 spesies dari 12 Famili. Hal tersebut dapat dilihat pada indek keanekaragaman burung yaitu H’=2.222467.


Full Text:

PDF

References


Apriyani Ekowati,dkk,. 2016. “Kenaekaragaman Jenis Burung di Kawasan Telaga Warna Desa Tugu Utara, Cisarua, Bogor”. Jurnal AL-KAUNIYAH : Journal of Biology. Vol.9.No.2

Fransina S. Latumahina. 2020. Penyebaran Pada Pulau-Pulau Kecil di Maluku. Yogyakarta : Deepublish

Samsul Kamal,dkk,. 2013. “Keanekaragaman Jenis Burung pada Perkebunan Kopi di Kecamatan Bener Kelipah Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh”. Jurnal Biotik. Vol.1. No.2.

Syarief Nurhakim. 2014. Dunia Burung dan Serangga : Mengenal Fakta Sains dan Keunikannya. Jakarta Timur : Bestari




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0