KEANEKARAGAMAN JENIS POHON DI DESA IBOIH KECAMATAN SUKA KARYA KOTA SABANG

Ayuni Rahmi, Merta Merta, Nurlia Zahara

Abstract


Sabang merupakan sebuah pulau yang terletak diujung paling barat wilayah Repubik Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di hutan iboih kecamatan sukakarya kota sabang Provinsi Aceh, yang dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2021, dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keanekaragaman jenis pohon dikawasan hutan desa iboeh. Langkah-langkah penelitian ini dilakukan pengamatan lansung dengan mengindentifikasi jenis pohon dan menghitung indeks keanekaragaman pohon di daerah hutan Desa Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis vegetasi dan melakukan observasi langsung pada lokasi. Pengumpulan data menggunakan metode transek (line transek). Hasil penelitian dengan menggunakan rumus indeks keanekaragaman dengan rumus Shannon Wiener, menunjukan adanya 13 spesies dan terdiri dari 35 individu. Berdasarkan perhitungan indeks keanekaragaman , diketahui bahwa indeks keanekaragaman pohon dikawasan hutan Desa Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang Provinsi Aceh sedang dengan nilai  = 2,48841.


Full Text:

PDF

References


Harmoko. 2019. Buku Monograf Bioindikator Sungai Dengan Makroalga. Yogyakarta : Deepublish.

Indriyanto. 2006. Ekologi Hutan, Buku. Jakarta : Buku Aksara

Kelompok kerja sanitasi Kota Sabang. 2012. Buku Putih Sanita (BPS) Kota Sabang. Sabang : Pemerintah Sabang.

Nursal. 2013. “Karakteristik Komposisi Dan Stratifikasi Vegetasi Strata Pohon”. Jurnal Biogenesis. Vol.9. No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0