IDENTIFIKASI JENIS KELELAWAR (Chiroptera) DI KAWASAN KAMPUS UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Dina Marlinda, Cilia Meliani, Samsul Kamal

Abstract


Kelelawar memiliki peranan penting di dalam ekosistem. Peranan kelelawar ini dapat dilihat dari aspek ekologis, aspek ekonomi dan aspek medical. Dari segi ekologis, kelelawar memiliki fungsi sebagai pemencar biji, penyerbuk tumbuhan berbunga, dan pengendali hama serangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kelelawar di kawasan Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode penelitian eksploratif, kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan 2 spesies dalam 1 famili (Pteropodidae), dengan jumlah perjumpaan individu 6 ekor yang terdiri dari 5 ekor spesies Cynopterus brachyotis, dan 1 ekor spesies Cynopterus minitus.

Full Text:

PDF

References


Hassan, dkk. 2014. Pengantar Biologi Evolusi. Jakarta : Erlangga.

Kimball, John W. 1983. Biologi Jilid 3, Edisi Kelima. Jakarta : Erlanga.

M. Ali dan Samsul Kamal, 2021. Penuntun Praktikum Ekologi Hewan. Banda Aceh : Program Studi Pendidikan Biologi Falkutas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Ar-raniry.

Prasetyo PN, dkk. 2011. Jenis-jenis Kelelawar Agroforest Sumatera. Bogor (ID) : World Agroforestry Centre - ICRAF, SEA Regional Office.

Satyadharma A. 2005. Hidup Bersama Kelelawar. Jurnal Tropika Indonesia. Vol. 1. No. 9.

Siagian RAP. 2011. Perburuan dan Perdagangan Beberapa Jenis Kelelawar di Dalam dan Sekitar Kawasan Hutan Batang Toru, Sumatera Utara. Bogor (ID) : Institut Pertanian Bogor.

Suyanto A. 2001. Kelelawar di Indonesia. Bogor : Puslitbang Biologi LIPI.

Suyanto A. 2003. Kelelawar Pemakan Buah dari Taman Nasional Gunung Halimun. Bogor : Puslitbang Biologi LIPI.

Treya. 2019. Keanekaragaman Jenis Kelelawar (Chiroptera) Di Hutan Kota Teluk Akar Bergantung Kabupaten Ketapang. Jurnal Hutan Lestari. Vol. 7. No. 1.

Yudi Saputra, dkk. 2016. “Studi Keanekaragaman Jenis Kelelawar (Chiroptera) Pada Beberapa Tipe Ekosistem di CAMP LEAKEY Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), Kalimantan Tengah”. Jurnal Bioma. Vol. 12. No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0