JENIS-JENIS TUMBUHAN LUMUT (BRYOPHYTA) PADA BERBAGAI SUBSTRAT DI DESA PASAR MELINTANG KOTA BENGKULU

Nada Nabila Ivhone J1, Irwandi Irwandi, Merri Sri Hartati

Abstract


Lumut (Bryophyta) adalah sebuah divisi tumbuhan yang hidup didarat, umumnya berwarna hijau, berukuran kecil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan lumut (Bryophyta) pada berbagai substrat di Desa Pasar Melintang Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pasar Melintang Kota Bengkulu, yang di laksanakan pada tanggal 7 November 2020. Penelitian ini menggunakan metode survey eksplorative yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap spesies lumut dilapangan. Hasil penelitian Jenis tumbuhan tumut (Bryophyta) pada berbagai substrat yang ditemukan tergolong kedalam 7 famili dan 7 spesies. Jenis lumut yang ditemukan berada pada substrat terestrial (tanah, batu) dan arboreal (kulit pohon). Terdapat 6 spesies lumut terestrial yaitu Andreae sp, Pohlia flexuosa, Fissidens sp, Brachythecium rutabulum, Pohlia flexuosa dan Riccia sorocarpa. Sedangkan lumut arboreal terdapat 2 jenis, yaitu Lejeunea laetevirens dan Taxiphyllum sp. Sebaran lumut terbesar terdapat pada substrat batuan dengan jumlah 4 spesies. Distribusi sedang ditemukan pada tanah dan kulit kayu masing-masing 2 spesies. Distribusi terendah pada substrat kayu lapuk karena tidak ditemukan lumut sama sekali.


Full Text:

PDF

References


Bawaihaty N, et al. 2014. Keanekaragaman dan Peran Ekologi Bryophyta di Hutan Sesaot Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Silvikultur Tropika. Vol. 05 No. 1 April 2014, Hal 13-17 ISSN: 2086-82.

Fajriah Rizkina. 2018. Keanekaragaman Lumut (Bryophytes) Pada Berbagai Substrat Di Kawasan Sungai Pucok Krueng Raba Kecamatan Lhoknga Kabubaten Aceh Besar Sebagai Referensi Praktikum Ekologi Tumbuhan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Lukitasari Marheny. 2018. Mengenal Tumbuhan Lumut (Bryophyta) Deskripsi, Klasifikasi, Potensi dan Cara Mempelajarinya. Jawa Timur: CV. Ae Media Grafika.

Suharti R. 2013. Keanekaragaman Lumut Sejati Di Taman Nasional Gunung Merapi Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Departemen Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor.

Waldi Ryo. 2017. Inventarisasi Lumut di Kawasan Perkebunan Karet Ptpn 7 Desa Sabah Balau, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Zahara Mutia. 2019. Jenis-Jenis Tumbuhan Lumut (Bryophyta) di Stasiun Penelitian Soraya Kawasan Ekosistem Leuser Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0