JENIS TUMBUHAN YANG TERDAPAT DIBAWAH NAUNGAN TUMBUHAN TREMBESI (Samanea saman) DI KAMPUS UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Nadila Mahfuza, Nafisah Hanim, Nurdin Amin

Abstract


Tumbuhan Trembesi (Samanea saman) merupakan salah satu tumbuhan penyusun vegetasi dikawasan kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Trembesi adalah jenis pohon yang memiliki kemampuan menyerap karbon dioksida dari udara yang sangat besar. Tumbuhan  trembesi dapat ditemukan hampir di setiap ruas jalan di kampus UIN Ar-Raniry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tumbuhan apa saja yang terdapat dibawah naungan tumbuhan trembesi (Samanea saman) di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2022. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dengan teknik Purposive sampling. Pengambilan sampel tumbuhan dilakukan secara non destructive dengan teknik pembuatan petak kuadrat secara porposive sampling (cuplikan disengaja). Hasil penelitian  dari jenis tumbuhan yang terdapat di bawah naungan tumbuhan trembesi (Samanea saman) di kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh  dapat dismpulkan bahwa terdapat 27 jenis tumbuhan dari 18 famili  yang terdiri dari pohon semak dan herba . Salah satu jenis tumbuhan yang paling banyak ditemukan yaitu Alang- alang (Imperata cylindrical) dari famili Mrytaceae dengan jumlah 752.


Full Text:

PDF

References


Bartawinata, AA. 1998. Ekologi Hutan Hujan Tropis dan Metode Analisis Hutan. Laboratorium Ekologi dan Dendrologi: Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman Samarinda.

Campbell Reece. Biologi Edisi Kedelapan Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Chairani Hanum. 2009. Ekologi Tanaman. Medan: USU.

Jumin, Hasan Basri. 1992. Ekologi Tanaman. Jakarta: Rajawali Press.

Kardinan Menira. 2000. Penambahan Daya Tumbuhan Alam. Jakarta: Agroemedia Pustaka.

Karyati dan Muhammad Agus.2018.Jenis-Jenis Tumbuhan Bawah di Hutan Pendidikan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman.Kalimantan Timur: Mulawarman University.

Khalisa Aini Sinaga, Murningsih, Jumar.“Identifikasi Talas-Talasan Edible (Araceae) di Semarang, Jawa Tengah”.Jurnal Bioma, Vol.19, No.1.

Kurniawan A. “Asosiasi jenis pohon dominan di hutan dataran rendah Cagar Alam Tangkoko, Bitung, Sulawesi Utara”.Jurnal Biodiversitas, Vol. 9.No. 3.

Lubis, Y. A. 2013. Pengaruh Lama Waktu Perendaman Dengan Air Terhadap Daya Berkecambah Trembesi (Samanea Saman).

Zulkarnain. 2009. Dasar-Dasar Holtikultural, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.13671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0