PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING YANG DITERAPKAN PADA KELAS XI-TKR SMK NEGERI 2 BANDA ACEH TIDAK EFEKTIF

Yusran Asnawi, Cut Sukma Permata, Wanti Khaira

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pembelajaran blended learning yang dilakukan pada kelas XI-TKR SMK Negeri 2 Banda Aceh di era new normal. Pembelajaran Blended Learning adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran konvensioanal dengan pembelajaran jarak jauh yang menggunakan sumber belajarnya internet (daring). Blended Learning dapat artikan sebagai pencampuran atau penggabungan metode atau aspek-aspek dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pandemi memberikan perubahan terhadap tatanan kehidupan manusia, New normal adalah langkah yang di ambil oleh pemerintah sebagai salah satu upaya untuk mencegah penyebaran covid-19. New normal atrinya ialah memberlakukan perilaku kehidupan baru saat beraktifitas diluar rumah serta menerapkan pola hidup kenormalan yang baru. Dalam penelitian ini menggunakan metode mix methods data yang diperoleh dengan cara membagikan angket pada siswa dan wawancara dengan guru yang mengajar pada kelas XI-TKR. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran blended learning pada kelas XI-TKR di era new normal ini memiliki presentase sebesar 62.08% dengan kategori “tinggi” dikarenakan siswa sangat senang dapat belajar tatap muka kembali, walaupun penggunaan kurikulum 2013 yang sudah disederhanakan masih kurang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Adedoyin, O. B., & Soykan, E. (2020). Covid-19 pandemic and online learning: the challenges and opportunities. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–13. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1813180

Adnan, M. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 1(2), 45–51. https://doi.org/10.33902/jpsp.2020261309

Batubara, B. M. (2021). The Problems of the World of Education in the Middle of the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 450–457. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1626

Hartshorne, R. (2020). Resisting Dehumanizing Assessments: Enacting Critical Humanizing Pedagogies in Online Teacher Education Teaching , Technology , and Teacher Education During the COVID-19 Pandemic : Stories from the Field Edited by Regina Kaplan-Rakowski. Jurnal Academia, June, 123–128.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbud : Pedoman, Tentang Belajar, Penyelenggaraan Masa, Rumah Dalam Penyebaran, Darurat. 35. www.kemendikbud.go.id

Mahyoob, M. (2020). Challenges of e-Learning during the COVID-19 Pandemic Experienced by EFL Learners. Arab World English Journal, 11(4), 351–362. https://doi.org/10.24093/ awej/vol11no4.23

Mseleku, Z. (2020). A Literature Review of E-Learning and E-Teaching in the Era of Covid-19 Pandemic. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(10), 588–597.

Putri Muspina, Yusran, Rahmad Musfikar (2022). Keefektifan Pembelajaran Daring Menurut Orang Tua pada Satuan Pendidikan Selama Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Darul Imarah dan Darusalam Kabupaten Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik. 243–253.

Rashid, S., & Yadav, S. S. (2020). Impact of Covid-19 Pandemic on Higher Education and Research. Indian Journal of Human Development, 14(2), 340–343. https://doi.org/10.1177/0973703020946700

Maudhiani, Yusran, Erlina Mariana Rosada Sari, (2022). Analisis Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) pada Siswa MTsN 4 Aceh Besar dan MTsN 2 Aceh Besar dalam Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Biotik. 262–270.

Syafnan, S., Ritonga, M., & Lubis, F. S. (2022). Student Perception of the Online Lecture System during the COVID-19 Period. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 80–85. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.67

Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141–153. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.14312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0