PRODUK OLAHAN BUAH PALA (Myristica Fragrans) DI DESA PADANG KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN SEBAGAI PENUNJANG PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Safriani Safriani, Putri Humaira

Abstract


Produk olahan buah pala yang dapat meningkatkan nilai tambah buah pala, meningkatkan pendapatan, dan memberikan keuntungan bagi petani pala maupun industri. Salah satu industri rumahan di desa padang melakukan pengembangan produk dengan olahan daging buah pala menjadi manisan, sirup pala dan bijinya diolah menjadi minyak dan balsem pala  yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pengamatan ini dilaksanakan di Desa Padang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pemanfaatan tumbuhan pala (Myristica fragrans) oleh masyarakat desa padang. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, teknik pengumpulan data secara wawancara, pengamatan langsung dan observasi. Populasi penelitian adalah masyarakat desa padang kecamatan tapaktuan kabupaten aceh selatan yang mempunyai produk olahan pala. Hasil penelitian ditemukan organ tumbuhan pala yang paling banyak diolah atau diproduksi oleh masyarakat adalah buah dan biji. Buah pala digunakan untuk membuat manisan dan sirup. Biji pala diolah menjadi minyak pala, dan balsem pala. Dengan beragamnya olahan pala tersebut, menjadikan sebagai ole-ole khas aceh selatan yang dapat membantu perekonomian masyarakat setempat.


Full Text:

PDF

References


Agoes, A. 2010. Tanaman Obat Indonesia. Jakarta : Salemba Medika.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Astanu DA, Ismono HR, Rosanti N. 2013. “Analisis Kelayakan Finansial Budidaya Intensif Tanaman Pala di Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus”. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis. Vol.03. No. 01.

Bulan TPL. 2017. “Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada Juragan Jasmine Langsa”. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol. 06.No.01.

Daniel M, dkk. 2008. PRA (Participatory Rural Appraisal). Jakarta : Bumi Aksara.

Munthasir, A dkk. 2009. Adat Perkawinan Etnis Anuek Jamee. Banda Aceh : Pemerintah Aceh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Nurdjannah, N. 2007. Teknologi Pengolahan Pala. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian.

Sumantri B, Fariyanti A, Winandi R. 2013. “Faktor – Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Usaha Wirausaha Wanita : Suatu Studi pada Industri Pangan Rumahan di Bogor”. Jurnal Manajemen Teknologi. Vol. 12. No. 03.

Syifa Aulia, Sungeng Heri Suseno. 2020. “Diversifikasi Produk Oalahan Buah Pala (Myristica Fragrans) di Desa Suka Damai”. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat. Vol. 2. No. 6.

Tutiliana. 2018. “Pemanfaatan Pala (Myristica Fragrans) di Desa Pante Lhong Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen”. Jurnal Majalah Ilmiah Universitas Almuslim. Vol. 10. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.14352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0