KEANEKARAGAMAN JENIS POHON DI KEBUN KOPI DI DESA TOEREN ANTARA KABUPATEN ACEH TENGAH

Wahyu Hidayat, Siti Agusma Pratiwi, Marima Marima, Zuraidah Zuraidah

Abstract


Pohon merupakan komponen yang mendominasi pada suatu hutan, yang berperan sebagai organisme produsen dan habitat dari berbagai jenis burung dan hewan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman hayati jenis-jenis pohon yang terdapat dikebun kopi. Data penelitian yang digunakan meliputi data sekunder dan data primer. Pengambilan data primer dilakukan dengan line transect, yaitu dengan berlajan menyusuri hutan disepanjang jalur transek yang telah ditentukan. Garis transek dibuat sepanjang 80x20 meter membelah kawasan hutan dengan ukuran transek yaitu 10 meter ke kanan dan ke kiri, dan panjang 80 meter,  dilakukan pengamatan pada seluruh tiang dan pohon yang ditemukan pada area yang sudah ditentukan. Di hitung jumlah pohon dan dicatat semua jenis pohon, keliling pohon (DBH), tinggi pohon dan dominansinya. Dicari indeks nilai penting dan SDR nya. Serta diperhatikan kondisi lingkungan hutan. Jenis spesies tumbuhan yang terdapat di kebun kopi Desa Toeren Antara, Kabupaten Aceh Tengah, terdiri dari 272 spesies. Jumlah jenis paling banyak adalah Meranti Merah dengan 34 jenis, Chaliponga dan Medarg dengan 15 jenis,  Pohon Petai 11 jenis, dan Hiern 10 jenis. Jenis tumbuhan yang memiliki kelimpahan tertinggi dan mendominasi pada kebun kopi di Desa Toeran antara adalah Meranti Merah ( INP 1507783,2).


Full Text:

PDF

References


N. M Heriyanto. 2006. Keanekaragaman Jenis Pohon Yang Berpotensi Obat Di Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur.

Agung Wahyudi Sugeng P. Harianto. Dan Arief Darmawan. 2014. Keanekaragaman Jenis Pohon Di Hutan Pendidikan Konservasi Terpadu Tahura Wan Abdul Rachman. Jurnal Sylva Lestari. Vol. 2. No. 3.

Arina Dini. Laina Mukarramah. Nina Devita Sari. 2018. Keanekaragaman Pohon Di Kawasan Pegunungan Deudap Pulo Aceh. Kabupaten Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik. 2018. Banda Aceh: Uin Ar-Raniry.

Arniar Suarni. Dkk. 2020. Profil Gender. Kabupaten Aceh Tengah: Kbpppa.

Fachrul M. 2007. Metode Sampling Bioekologi. Indonesia: Bumi Aksara.

Indriyanto. 2006. Ekologi Hutan. Jakarta: Bumiaksara.

Sada T.J. Dan Rosye H.R.T.2010.Keragaman Tumbuhan Obat Tradisionaldi Kampung Nasfori Distrik Supiori Utara. Kabupaten Supiori Papua. Jurnal Biologi Papua. Vol. 2 No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i2.14417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0