PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R

Nana Yunisa, Eva Nauli Taib, Cut Ratna Dewi

Abstract


Minimnya perbendaharaan kata-kata yang diketahui oleh siswa sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar, mengingat dalam pembelajaran terdapat banyak istilah-istilah dan kosa kata baru yang harus diketahui oleh siswa. Seperti hal nya pelajaran biologi salah satunya pada materi sistem pencernaan yang banyak terdapat istilah baru yang harus dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa terhadap materi sistem pencernaan manusia dengan model pembelajaran SQ4R. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan yang digunakan yaitu true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsS Darul Hikmah Aceh Besar tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri atas 3 kelas. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII.2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.3 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen.Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan alat tes berupa soal. Teknik analisis data pada hasil belajar siswa menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasilbelajar siswa pada kelas kontrol dengan nilai 69% dengan kategori cukup, sedangkan kelas eksperimen dengan nilai 87% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ4R berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Endang Sri Wahyuningsih. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Hasil observasi di SMP 16 Banda Aceh pada bulan Januari 2021.

Hasil wawancara dengan guru pada bulan Januari 2021.

Karmila. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran SQ4R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Narrative Text”. Jurnal Paedagogie. Vol.14. No.2.

Ngalim Purwonto. 2010. Prinsip-Prinsip Dasar dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Putri, dkk. 2018. “Pengaruh Model Survey, Question, Reading, Reflect, Recite, Review terhadap Keterampilan Membaca”. Jurnal Internasional of Elementary School. Vol.2. No.3.

Sutiah. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Uswatun Khasanah. 2020. Pengantar Microteaching. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.14467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0