RESPON SISWA TERHADAP MODUL INOVATIF BERBASIS QR CODE TECHNOLOGY PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Harizki Ananda Putra, Rizky - Ahadi, Nurlia - Zahara

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk Melihat respon peserta didik terhadap Modul Inovatif Berbasis Qr Code Technology. Rancangan penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan model Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon peserta didik terhadap modul inovatif berbasis Qr Code technology mendapat hasil persentase 89% dengan kriteria sangat Baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Modul Inovatif Berbasis Qr Code Technology pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 3 Putra Bangsa sangat layak digunakan sebagai Bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Respon Peserta Didik, Modul, Qr Code Technology, Sistem Ekskresi


Full Text:

PDF

References


Setiyadi,M.W,dkk.(2017).”Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.Journal of Education Science and Technology.3(2).

Irma,dkk.(2019).”Pengembangan Bahan Ajar Teknologi Pembelajaraan Berbasis Web-Blog pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar”.Jurnal Inspirasi Pendidikan.8(2).

Ataji,H,M,K dkk (2019).”Pengembangan Modul Berbasis Qr Code Technology Technology pada Materi Sistem Reproduksi Manusia dengan Terintegrasi kepada Al-Quran dan Hadist sebagai Sumber Belajar Biologi Kelas XI SMAN 1 Punggur”.Jurnal Biodusiana.1(4).

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat. Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (2),

Chairiah, Silalahi, A, & Hutabara t, W. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Larutan Asam dan Basa Berbasis Chemo-Edutaimen untuk siswa SMK TI Kelas XI. Jurnal pendidikan kimia, 8 (2)..

Chrisyarani, D, D., Yasa, A, D. (2018). Validasi Modul Pembelajaran Materi dan Dasar Tematik Berbasis PTK. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 8 (2),




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v10i1.14548

Refbacks



      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0