PEKARANGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMP NEGERI 3 BADAR

Nurdin Amin, Weka Jaya Yanti B

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dan respon siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penggunaan pekarangan sekolah sebagai media pembelaran pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Badar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain one group, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Adapun sampel penelitian adalah kelas VII . Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur ketuntasan hasil belajar dan tanggapan siswa melalui angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan one sampel t test sementara respon siswa dengan menggunakan Skala Likert. Data hasil penelitian pekarangan sekolah dapat dijadikan sebagai media pembelajaran biologi yang dilihat dari respon siswa terdapat jawaban sangat setuju dari pernyatan positif siswa dengan 33% s/d 86% . Dapat disimpulkan bahwa pekarangan sekolah dapat dijadikan sebagai media pembelajaran biologi pada materi keanekaragaman hayati.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Yogyakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. 2003. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara

Fathoni, A. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. PT.RINEKA CIPTA: Jakarta.

Hamid Abdul. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Cetakan pertama, Pasca sarjana Unimed: Medan

Mustaqim Muhammad, 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Sisw Melalui Permanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Kelas VII f SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Jurnal: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Rahadi. A. Media Pembelajaran ( Jakarta : Dirjen Dikdasmen, 2003 ) hal,2

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rosdakarya: Bandung.

Saiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 1996) hal. 41.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0