KEANEKARAGAMAN SPESIES BURUNG DI KAWASAN IBOIH KECAMATAN SUKA KARYA KOTA SABANG

Binti Ramlah, Rizky Ahadi, Dwikha Rahma Putri, Imam Ziaul Abror, Agus Mulizar

Abstract


Indonesia merupakan salah satu kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Oleh karena itu Indonesia memiliki prioritas utama dalam upaya pelestarian. Iboih merupakan salah satu objek wisata yang terletak di kawsan Sabang, memiliki keanekaragaman hayati yang masih terjaga keberadaannya, khususnya berbagai spesies burung. Penelitian ini dilakukan di kawasan Iboih kecamatan Suka Karya Kota Sabang pada bulan Juni 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keanekaragaman spesies burung yang berada di kawasan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode transek yang dipadukan dengan metode IPA (Indeks Point of Abundance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keanekaragaman spesies burung di Kawasan Desa Iboih Kecamatan Suka Karya Kota Sabang tergolong sedang dengan nilai keanekaragaman 2,0506495. Jumlah spesies yang ditemukan sebanyak 28 spesies dari 18 famili. Famili yang mendominasi adalah famili Apodidae dengan jumlah 242 individu, dan famili yang paling sedikit ditemukan adalah famili Sillvydae, Ardiedae, dan Moctacillidae yang masing-masing berjumlah 1 individu.

Full Text:

PDF

References


Adiwibawa, S.E. 2003. Pengelolaan Rumah Wallet. ( Yogyakarta : Kanisius) , 2000

Campbell., Biologi jilid III Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga.

Sinauer Associates Inc, Biologi Konservasi, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2007).

Widyasari, K, dkk. 2013. Kajian Jenis - Jenis Burung Di Desa Ngadas Sebagai Dasar Perencanaan Jalur Pengamatan Burung (Birdwatching), J.Ind. Tour. Dev. Std., Vol.1, No.3.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0