INVENTARISASI JENIS PAKU DI KAWASAN GUNUNG PAROY KECAMATAN LHONG KABUPATEN ACEH BESAR

Ainol Mardiyah, Hasanuddin Hasanuddin, Eriawati Eriawati

Abstract


Mengingat banyaknya jenis tumbuhan paku di kawasan Indonesia khususnya Aceh maka perlu dilakukan inventarisasi guna untuk mengetahui peranan paku dalam suatu ekosistem. Tumbuhan paku dapat tumbuh di tempat yang lembab, di bawah pepohonan, di pinggir jalan maupun sungai, melihat cara tumbuhnya, paku di alam cukup beragam, ada yang menempel di batang pohon, batu atau tumbuh di tanah. Penelitian tentang “Inventarisasi Jenis Tumbuhan Paku di Kawasan Gunung Paroy Kecamatan Gunung Paroy Kabupaten Aceh Besar†telah dilakukan pada bulan Februari 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tumbuhan paku yang terdapat di kawasan Gunung Paroy Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksploratif dengan teknik purposive sampling yang telah ditentukan dilokasi penelitian meliputi alur sungai, kebun warga, hutan, lembah, pinggiran jalan. Hasil penelitian ditemukan bahwa di Gunung Paroy Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar terdapat 14 jenis tumbuhan paku

Full Text:

PDF

References


Al Imam Abu Fida Ismail Ibnu Katsir. 1990. Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsir Jilid V, Surabaya: PT Bina Ilmu.

Arief S. Sadiman, Rahardjo, dan Anung Haryono, 2006. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali Pers.

Ance, Gunarsih. 2004. Klimatologi Pengaruh Iklim Terhadap Tanah dan Tanaman, Jakarta: Bumi Aksara.

Biologi East Borneo, Buku Ajar Taksonomi Tumbuhan, 20 September 2011, Diakses pada tanggal 11 Maret 2015 dari situs: http://biologyeastborneo.com/wpcontent/uploads/2011/09/Buku-ajar Taksonomi-Tumbuhan.pdf.

Christenhusz, Marteen J.M., dan W. chase Mark. 2013. Trends and Concepts In Fern Classificationâ€. Annals Of Botany Journal, Vol.1, No.1, November.

Irawati, D, dan Julianus K. 2012. Keragaman Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Cagar Alam Gunung Ambang Sulawesi†Jurnal Penelitian dan Konservasi Hutan, Vol. 2, No. 1, Juni.

Gembong, Tjitrosopoemo. 1994. Taksonomi Tumbuhan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hasanuddin. 2014. Botani Tumbuhan Rendah, Banda Aceh: Ar-Raniry Press.

Jamsuri. 2007. Keanekaragaman Tumbuhan Paku Di Sekitar Curug Cikaracak, Skripsi, Bogor: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah.

Julianus Kinho. 2009. Mengenal Beberapa Jenis Tumbuhan Paku Di Kawasan Hutan Payahe Taman Nasional Aketajawe Lolobata Maluku Utara, Manado: Balai Penelitian Kehutanan Manado.

Kepala Lembaga Administrasi Negara No 5 Tahun 2009, Pedoman Penulisan Modul Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Administrasi Negara.

Lovelless. 1999. Prinsip-Prinsip Biologi Tumbuhan Untuk Daerah Tropik, Jakarta: PT Gramedia.

Campbell, N.A. 2003. Biologi, Jakarta: Erlangga.

Chand, S. 2000. Botany For Degree Pteridophyta, New Delhi: Scandgroup.

Nunuk Nurchayati. 2010. Hubungan Kekerabatan Beberapa Spesies Tumbuhan Paku Familia Polypodiaceae Ditinjau dari Karakter Morfologi sporofit dan Gametofitâ€. Jurnal Ilmiah Progressif, Vol. 7, No. 19, April.

Polunin N. 1994. Pengantar Geografi Tumbuhan dan Beberapa Ilmu Serumpun, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Revi Novila Shinta, Ardinis Arbain dan Syamsuardi. 2012. Studi Morfometrik Paku Kawat (Lygodium) di Sumatera Barat The Morphometrics Study of Climbing Ferns (Lygodium) in West Sumatera. Jurnal Biologi Universitas Andalas (J. Bio. UA.), Vol. 1, No. 1 September.

Siti, Sutarmi Tjitrosoeomo. 1984. Botani Umum, Bandung: Angkasa Bandung.

Smith R. Alan. 1980. Taxonomy Of Thelypteris Subgenus Steiropteris Including Glaphyropteris (Pteridophyta), London: University Of California Press.

Sambas, Wirakusumah, 2003. Dasar-Dasar Ekologi Menopang Pengetahuan Ilmu-Ilmu Lingkungan, Jakarta: UI Press.

Setijati Sastrapradja, 1984. Seri Sumber Daya Alam (Kerabat Paku), Bogor: LIPI.

Sulaiman, 1985. Media Audio Visual untuk Pengajaran dan Penyuluhan, (Jakarta: PT Gramedia.

Tim GBS. 2007. Kamus Lengkap Biologi, Jakarta: GBS.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 20




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0