POPULASI MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI KAWASAN GUA SARANG GAMPONG IBOIH KECAMATAN SUKA KARYA KOTA SABANG

Husni Husni, Heti Rahmiyati, Ainun Mardiah, Ilya Faskanu

Abstract


Kawasan gua sarang merupakan suatu kawasan yang masih alami yang memiliki keindahan, kekayaan, dan keunikan alam seperti flora dan fauna yang sangat mendukung habitat untuk keberadaan populasi monyet ekor panjang. Penelitian ini dilakukan di kawasan Gua Sarang Gampong (Desa) Iboih kecamatan suka karya Kota Sabang dengan tujuan untuk mengetahui keberadaan populasi monyet ekor panjang. Metode yang digunakan adalah metode survey eksploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa populasi monyet ekor panjang yang terdapat di kawasan gua sarang gampong Iboih kecamatan suka karya Kota Sabang terdiri dari 18 individu, diantaranya 3 anakan, 3 monyet muda dan 12 monyet dewasa (8 jantan dan 4 betina). Populasi monyet ekor panjang banyak ditemukan di lereng gunung disebabkan pada lokasi tersebut banyaknya sumber pakan dan pepohonan sebagai tempat aktivitasnya. Kepadatan populasi monyet ekor panjang yang terdapat di tempat pengamatan adalah 19 individu/km2..

Full Text:

PDF

References


Amor Tresna Karyawati. Tinjauan Umum Tingkah Laku Makan pada Hewan Primata. Jurnal Penelitian Sains,Vol. 15, No.1(D) 15110.

Subiarsyah, M.I. 2014. Struktur Populasi Monyet Ekor Panjang di Kawasan Pura Batu Pageh, Ungasan, Badung, Bali, Jurnal Indonesia Medicus Veterinus.Vol. 3(3).

Napier, J.R. dan P.H. Napier. 1985. The Natural History of the Primates, Cambridge: The MITPress.

Sidney. 2002. Mamalia, New York: Watts Bookns.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v5i1.2155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0