MEMBERDAYAKAN POTENSI ENTREPRENEURSHIP MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KEUNGGULAN LOKAL DAERAH

Chumidach Roini

Abstract


Potensi yang dimiliki setiap mahasiswa perlu dikembangkan secara optimal. Potensi yang terkait dengan entrepreneurship dikendalikan oleh otak sebelah kanan yang mendorong kreativitas dan inovasi seseorang. Pemberdayaan potensi dapat dilakukan melalui upaya yang dirancang atau diprogram secara sengaja oleh dosen melalui pembelajaran yang dilaksanakan. Strategi pembelajaran yang memberdayakan kemampuan dan keterampilan berpikir kritis maupun kreatif, serta kemampuan lainnya perlu diterapkan selama pembelajaran untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan potensi dirinya. Pembelajaran tersebut juga dapat dirancang melalui pembelajaran kontekstual berbasis keunggulan lokal daerah.

Full Text:

PDF

References


Corebima, D. 2010. Berdayakan Keterampilan Berpikir Selama Pembelajaran Sains Demi Masa Depan Kita. Makalah disajikan dalam SEMNAS di UNESA, Surabaya, 16 Januari.

Hasan, S. 2013. Potensi Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam memberdayakan Keterampilan Berpikir Tinggi da Pemahaman Konsep Siswa SD Kelas V di Kota Ternate. Laporan Hibah Disertasi. LPPM Universitas Khairun.

Harmaizar. Tanpa tahun. Menggali Potensi Wirausaha.ttps://books.google.co.id/books?id=BYGgeTGg43sC&pg=PA1&lpg=PA1&dq=potensi+wirausaha+definisi&source=bl&ots=qbqqQ93aTp&sig=9Jb4GqlOekS54xLIBrOIxctFiSo&hl=en&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=potensi%20wirausaha%20definisi&f=false. Diakses 29 April 2016.

Karim, A. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.Edisi Khusus.No. 1, Agustus 2011. (Online), (http://www.scribd.com/maliyaq/d/77974429-Penemuan-terbim-bing), diakses 25 Pebruari 2012.

Mulyadi, 2014. IbM Kelompok Masyarakat Penghasil Ikan Asap di Pulau Ternate. https://www.reseacrhgate.net/publication.

Ozbayiak, O., Alpat, S.K., Uyulgan, M. A. 2010.The Investigation of The Effect of Project Based Learning on Students’Attitudes Towards Environment And Laboratory. International Conference on New Trends in Education and Their Implications11-13 November, 2010 Antalya-Turkey.

Subroto, W.T. 2015. Menanamkan Nilai-Nilai Entrepreneurship melalui Pendidikan Ekonomi pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Economia, Volume 11, Nomor 1, April 2015. Diakses 21 April 2016.

Tolangara, A. R. and Sundari, 2013. Structure and omposition of Mangrove Species in Formulating Database North Mollucas. Research Inventy: International Journal of Engineering and Science. Vol. 3, issue 11 November 2013. Online: http://www.researchinventy.com.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2522

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2522.g1788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0