DAMPAK PENGALIHAN LAHAN MANGROVE TERHADAP KEANEKARAGAMAN BENTHOS DI KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH

Fitria Ulfa, Muhammad Ali Sarong, Abdullah Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pengalihan lahan mangrove terhadap keanekaragaman benthos di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September - November 2014 di kawasan mangrove Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan metode survey atau pengamatan langsung. Stasiun penelitian dibagi dalam 4 stasiun menggunakan metode purposive sampling atas dasar pertimbangan keberadaan mangrove. Keanekaragaman benthos dianalisis dengan rumus indeks keanekaragaman, sedangkan dampak pengalihan dianalisis dengan deskripsi. Hasil analisis diperoleh keanekaragaman benthos pada lahan yang telah direklamasi 1,963 dan pada lahan yang belum direklamasi 1,282. Kesimpulannya adalah keanekaragaman benthos sedang yang membuktikan bahwa pengalihan lahan mangrove di Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh berdampak terhadap keanekaragaman benthos sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan peningkatan kesadaran agar ekosistem mangrove tetap terjaga.

Full Text:

PDF

References


Asriyana., Yuliana. 2012. Produktivitas Perairan. Bumi Aksara: Jakarta.

Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP) Departemen Kelautan dan Perikanan. 2004. Ekologi dan Potensi Sumberdaya Perikanan. Lembata: NTT.

Freedman. 1995. Benthic Invertebrate Various Surveys Have Demonstrated. Enviromental Ecology. The Ecological Effect of Polution.

Kimball, J. W. 1999. Biologi Jilid 3 Edisi Kelima. Erlangga: Jakarta.

Kusmana, C. 2002. Ekologi Mangrove. Fakultas Kehutanan – IPB Bogor.

Margono S. 2007. Metologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. PT. Rineka Cipta: Jakarta

Nazir, M.Ph.D. 1999. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta.

Nontji, A. 1993.Laut Nusantara. Jakarta: Djambatan.

Nybakken, J. W., Bertness, M. D. 2005. Marine Biology An Ecology Approach. Benjamin Cummings: USA.

Pramudji. 2000. Hutan Mangrove di Pantai Teluk Saleh Sumbawa Nusa Tenggara Barat, Balitbang Biologi Laut Pulibang Oseanologi. LIPI: Jakarta.

Setyobudiandi, I., dkk. 2009. Sampling dan Analisis Data Perikanan dan Kelautan, Terapan Metode Pengambilan Contoh di Wilayah Pesisir dan Lau. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. IPB-Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0