KEANEKARAGAMAN VEGETASI POHON DI KAWASAN HUTAN SEKUNDER DESA RINON KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Rahmiati Rahmiati, Ria Suwarni, Tya Zhafira, Muslich Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keanekaragaman Vegetasi Pohon di Kawasan Hutan Sekunder Desa Rinon Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar, yang dilakukan pada bulan Mei 2015. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan metode kuadrat 10x10 m2. Analisis data dilakukan dengan menggunakan indeks keanekaragaman. Hasil penelitian menunjukkan tumbuhan yang paling mendominasi kawasan tersebut yaitu jenis Tampu (Macaranga tanarius)yang merupakan symbol atau tumbuhan endemik kawasan tersebut. Indeks keanekaragaman pohon dikawasan hutan sekunder adalah 2,646. keanekaragaman vegetasi pohon di kawasan hutan sekunder desa Rinon Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar termasuk keanekaragaman sedang.

Full Text:

PDF

References


Bennet, 1995.Soil conservation. New York: McGraw-Hill Book Co. Inc.

Kainde,P,R,. 2011. Keanekaragaman jenis Pohon Di Hutan Lindung Gunung Sahendarum Kabupaten Kepulauan Sangihe. Fakultas Pertanian UNSRAT Manado.Jurnal Eugenia Vol:17.

Sundarapandian, 2000. Forest ecosystem structure and composition along an altitudinal gradient in the Western Ghats, South India. Journal of Tropical Forest Science 12 (1).

Syafei.,IlmuEkologi, (Jakarta: Erlangga, 2009).

Yusita Karolina, dkk., Analisis Vegetasi Dengan Metode Kuadrat Pada Plot Yang Dibuat Dalam Bentuk Lingkaran Di Kebun Raya Eka Karya Bali, Jurnal Swastyastu, Vol. 2, No. 2, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0