ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PPL FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN AR-RANIRYBANDA ACEH (STUDI DESKRIPTIF KEGIATAN PPKPM)

Nur Asiah Nur Asiah

Abstract


Keterampilan dasar mengajar adalahkecakapan standar yang harus dimiliki oleh guru yang bersifat mendasar dan harus dikuasai dalam melaksanakan tugas sebagai profesi seorang pengajar.Keterampilan ini sebagai modal awal untuk melaksanakan tugas-tugas pembelajaran secara terencana dan professional di sekolah.Tulisaninibertujuanuntukmengetahui keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL pada kegiatan PPKPM FakultasTarbiyahdanKeguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Keterampilan dasar mengajar yang dianalisa meliputi: mempersiapkan siswabelajar, penerapan konsep apersepsi, penguasaan materi, penggunaan metode/media, keterampilan bertanya, keterampilan menjawab, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengelola kelas, penggunaan LKS, gaya menulis dan mutu tulisan, gaya berkomunikasi dan bahasa lisan serta rangkuman atau penguatan. Penelitianini menggunakan metode deskriptif kualitatif analisis. Subjek penelitian yaitu seluruh mahasiswa PPL pada SMP Negeri 1 Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar.Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tehnik observasi pembelajaran.Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi pembelajaran yang berisi indikator tentang keterampilan dasar mengajar yang dirancang sesuai dengan aspek yang diamati.Tehnik analisis data yaitu lembar observasi dianalisis dengan rumus persentase, selanjutnya dideskripsikan sesuai dengan pertanyaan penelitian pada setiap aspek keterampilan dasar mengajar.Hasil penelitian dapatdisimpulkanbahwakemampuan mahasiswa PPL Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam menerapkan keterampilan dasar mengajar pada kegiatan PPKPM secara keseluruhan dapat dikategorikan baik dengan persentase mencapai 76,04%, dan dengan nilai rata-rata kemampuan berkisar 36,50.

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohd. (2004). Guru dalam Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Bahri, Djamarah. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2005). Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rodaskarya.

Pidarta, Made. (1990). Pengelolaan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya.(2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Prenata Media Group.

Tim Penyusun. (2014). Panduan Akademik dan Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.

Usman, Mohd Uzer. (2006). Menjadi GuruProfesional. Bandung: emajaRosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0