PENINGKATAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ALAMI PADA SUB MATERI INVERTEBRATA DI MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH

Miftahul Khairi, Muhammad Ali Sarong, Abdullah Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui pemanfaatan media alami. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Babun Najah Banda Aceh pada tanggal 15 Februari sampai 22 Februari tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan rancangan pretest posttest control design. Penelitian ini dilaksanakan pada satu kelas yaitu Xmia-3 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes keterampilan proses sains siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dengan menggunakan uji paired t-test, dengan bantuan SPSS 18.0 for windows, Hasil penelitian keterampilan proses sains siswa menunjukkan bahwa thitung -24,758 < 0.05. Disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains siswa secara signifikan melalui pemanfaatan media alami pada sub materi invertebrata di MAS Babun Najah Banda Aceh.

Full Text:

PDF

References


Barnes, D.K.A. (1999) High diversity of tropical intertidal-zone sponges in temperature, salinity and current extremes. Afr. J. Ecol. 37, page. 424-434.

Archambault, J. 2008. The Effect of Developing Kinematics Concept Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. Action Research Required for the Master of Natural Science Degree with Concentration in Physics; Arizona State University.

Nuraeni, Eni., dkk, Efektivitas Media Audio-Visual pada Materi Pertumbuhan Manusia dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, SMPN 2 Congeang Sumedang. Jurnal, diakses pada tanggal 17 Februari 2013

Feizioglu, B. 2009. An Investigation of Relationship between science Process Skill with Efficient Laboratory Use and Science Achievement in Chemistry Education. Journal of Turkish Science Education, 6: 115-132.

Hafizan Edy, Halim Lilia & Meerah T. Subahan. 2012. Perception, Conceptual Knowledge and Competency Level of Integrated Science Process Skill Towards Planning a Professional Enhancement Programme. Journal Sains Malaysiana, 41:7.

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 7, No.1: 1-13.

Hasanuddin, 2013. Pengaruh Pembelajaran RQA dipandu TPS Berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata kuliah Anatomi Tumbuhan.Disertasi. Tidak dipublikasi. Malang: Universitas Negeri Malang

Hasanuddin. 2014. Uji T. Materi yang Di sampaikan Pada Mata Kuliah Satistik Pendidikan. MPBIO Unsyiah.

Hasruddin dan Rezeqi salwa. 2012. Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri Sekabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 9: 1

Karuru, Perdi, 2003. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD untuk Meningkatkan Kualitas Belajar IPA Siswa SLTP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No.045.

Sadiman, Arief S. dkk, 2006. Media Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v4i1.2595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0