STRUKTUR VEGETASI POHON TERHADAP KEBERADAAN SUMBER DAYA ALAM HAYATI DAN EKOSISTEM DI UJUNG SEURUDONG SAWANG BA’U KECAMATAN SAWANG ACEH SELATAN

Eka Kartika Dewi, Marjulia Ukhra, Muhammad Rifqi

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui struktur vegetasi pohon terhadap keberadaan sumberdaya alam hayati dan ekosistem di hutan ujung seurudong. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2014 di kawasan hutan Ujung Seureudong Sawang Ba’u, Kecamatan Sawang Aceh Selatan. Pengamatan vegetasi dilakukan dengan menggunakan metode line transek pada 8 stasiun dengan ukuran panjang arah penelusuran per transek 100 m dan lebar 20 m. Dari hasil pengambilan data pohon di 8 stasiun penelitian dan kemudian dilanjutkan dengan proses pengolahan data, diperoleh individu sebanyak 504 dengan 34 spesies. Dari kedelapan stasiun tumbuhan yang diamati tumbuhan yang paling mendominasi di daerah tersebut yaitu tumbuhan Myristica fragrans dengan jumlah individu sebanyak 201 dan nilai kerapatan mutlak sebanyak 0,1005 sedangkan tumbuhan yang paling sedikit dominansinya yaitu tumbuhan bak iboih, langsat, bambu, salak, jeruk nipis, nangka, jambu botol, mahoni dan jambu air yaitu dengan jumlah individu sebanyak 1 individu masing-masing tumbuhan dan dengan nilai kerapatan mutlak 0,0005. Nilai rata-rata seluruh kerapatan tumbuhan yaitu 0,031. Struktur vegetasi pohon memiliki kondisi vegetasi yang baik berdasarkan komposisinya. Struktur pohon yang dijumpai dilokasi studi menunjukkan bahwa sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya masih baik.

Full Text:

PDF

References


Indriyanto.2006. Ekologi Hutan. PT.Bumi Aksara. Jakarta

Kurniawan, A. 2008. Asosiasi jenis-jenis pohon dominan di Hutan Dataran Rendah Cagar Alam Tangkoko, Bitung, Sulawesi Utara. Balai Konservasi Tumbuhan-LIPI. Bali.

Loveless. 1989. Prinsip-prinsip Biologi Tumbuhan untuk Tumbuhan Daerah Tropik. Jakarta: PT Gramedia.

Marini, S.H. 2010. Analisis Vegetasi Hutan Produksi Terbatas Boliyohuto Provinsi Gorontalo. Gorontalo: UNG Press.

Odum, E.P. 1993. Dasar-Dasar Ekologi Edisi Ketiga. Yogyakarta: UGM Press.

Sorianegara, Dkk. 1988. Ekologi Hutan Indonesia. Bandung: IPB.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0