INVENTARISASI JENIS LALAT BUAH (Diptera; Tephritidae) PADA LAHAN KEBUN CABAI MERAH (Capsicum annum)

Yeki Yasmin, Syaukani Syaukani, N. Yusiva N. Yusiva

Abstract


Lalat buah merupakan hama yang sangat merusak tanaman holtikultura. Dampak dari lalat buah sangat merugikan baik secara kuantitas maupun kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis lalat buah yang menyerang buah cabai merah. Penelitian dilaksanakan di tiga lokasi yaitu: Kajhu, Pango Deah dan Lamreung mulai Februari sampai Juni 2014. Identifikasi dilakukan di Laboratorium Zoologi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Metode Perangkap Modifikasi Steiner yang terbuat dari botol kemasan air mineral digunakan dalam penelitian ini. Parameter dalam penelitian ini adalah jumlah dan jenis lalat buah yang terperangkap. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk gambar. Bactrocera dorsalis dan Bactroceraum brosus merupakan dua jenis lalat buah yang ditemukan dalam penelitian ini. Bactroceradorsalis merupakan lalat buah yang paling banyak terperangkap (1128 individu) dari ketiga lahan kebun cabai yang berbeda, sedangkan Bactroceraum brosus hanya terperangkap tiga individu. Sedikitnya jumlah individu Bactroceraum brosus ini karena cabai bukan merupakan tanaman inangnya, lalatbuah ini terperangkap karena tertarik dari aroma Methyl Eugenol.

Full Text:

PDF

References


Bangun, D.A. 2009. Kajian Beberapa Metode Perangkap Lalat Buah (Diptera: Tephritidae) pada Pertanaman Jeruk Manis (Citrus spp.) di Desa Sukanalu Kabupaten Karo. Skripsi. Universitas Sumatra Utara, Medan.

Borror, D. J., Triplehorn, C. A., dan Johnson, N. F. 1996. Pengenalan Pelajaran Serangga. Edisi ke enam.Terjemahan dari An Introduction to the Study of Insect, Sixth edition, Oleh Soetiyono Partoesodjono. Gagjah Mada University Press. Yogyakarta.

Endah, H., dan Novizan. 2003. Mengendalikan Hama dan Penyakit Tanaman. AgroMedia Pustaka, Jakarta.

Kalie, M.B. 1992. Mengatasi Buah Rontok, Busuk, dan Berulat. Penebar Swadaya, Jakarta.

Kardinan, A. 2003. Tanaman Pengendali Lalat Buah. AgroMedia Pustaka, Jakarta.

Lengkong, M., Rante, C.S. dan Meray, M. 2011. Aplikasi MAT dalam Pengendalian Lalat Buah Bactrocera sp. (Diptera:Tephritidae) pana Tanaman Cabai. Jurnal Eugenia. 17(2).

Mulyati, A.H. dan Riska. 2008. Preferensi Spesies Lalat Buah Terhadap Atraktan Metil Eugenol dan Cue-Lure dan Populasinya di Sumatera Barat dan Riau. Jurnal Hortikultura. 18(2): 227-233.

Nismah dan Susilo, F.X. 2008. Keanekaragaman dan Kelimpahan Lalat Buah (Diptera: Tephritidae) pada Beberapa Sistem Penggunaan Lahan di Bukit Rigis, Sumberjaya, Lampung Barat. Jurnal Tropika. 8(2): 82-89.

Nurfalach, D.R. 2010. Budidaya Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.) di UPTD Tanaman Hortikultura Pakopen. Skripsi. Universitas Sebelas Maret, Semarang.

Nurjannah, I.Y., Santoso, E., dan Anggorowati, D. 2012. Pengaruh Beberapa Jenis Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah pada Tanah Gambut. Skripsi. Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Patty, J.A. 2012. Efektivitas Metil Eugenol Terhadap Penangkapan Lalat Buah (Bactrocera dorsalis) pada Pertanaman Cabai Merah. Jurnal Agrologia. 1(1): 69-75.

Pujiastuti, Y. 2007. Populasi dan Serangan Lalat Buah (Bactrocera spp.) Serta Potensi Parasitoidnya pada Pertanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.) di Daerah Dataran Sedang Sumatera Selatan. Jurnal Tanaman Tropika. 10(2): 17-28.

Siwi, S.S., Hidayat, P., dan Saputa. 2006. Taksonomi dan Bioteknologi Lalat Buah Penting di Indonesia (Diptera: Tephritidae). Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetika Pertanian, Bogor.

Sukarmin. 2011. Teknik Identifikasi Lalat Buah di Kebun Percobaan Aripan dan Sumani, Solok Sumatera Barat. Buletin Teknik Pertanian. 16(1): 24-27.

Sunarno dan Popoko, S. 2013. Keragaman Jenis Lalat Buah (Bactrocera spp) di Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Agroforestri. VIII (2).

Sunarno. 2011. Ketertarikan Serangga Hama Lalat Buah Terhadap Berbagai Papan Perangkap Berwarna Sebagai Salah Satu Teknik Pengendalian. Jurnal Agroforestri. VI(2).

White, I.A. dan Elson-Harris, M.M. 1992. Fruit Fly of Economic Significance: Their Identification and Bionimics. CABI, Wallingford, UK.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0