KEANEKARAGAMAN SERANGGA PADA PERDU DI KAWASAN PEGUNUNGAN SAWANG BA’U KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Muliani Muliani, Rauzatul Jannah, Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian keanekaragaman serangga pada perdu di kawasan pegunungan Sawang Ba’u Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan dilakukan untuk mengetahui spesies dan keanekaragaman masing-masing spesies dari serangga pada pohon tertentu yang terdapat di pegunungan Sawang Ba’u Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan untuk menentukan lokasi penelitian adalah survey dan purposive sampling. Pengambilan serangga dilakukan dengan menggunakan alat berupa kuas, plastik dan baskom. Tingkat keanekaragaman dihitung serangga dengan menggunakan rumus indeks keanekaragaman (H) dan indek kesamaan (IS). Kesimpulan yang diperoleh yaitu tingkat keanekaragaman serangga pohon di Sawang Ba’u dengan H’= 1,85317310 termasuk dalam kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Borror, J. 1992. Penganalan Pelajaran Serangga Edisi Keenam, Yogyakarta: UGM Press.

Heddy, Suwasono. 1986. Pengantar Ekologi, Jakarta: CV Rajawali.

Iin Nursaidah. 2013. “Komposisi Serangga Kanopi Pohon Apel di Desa Poncokusumo Kabupaten Malangâ€, Jurnal Biotropika, Volume 1, No. 2. 2013.

Maskoeri, J. 1984. Sistematika Hewan, Surabaya: Sinar Wijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0