KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA) DI KAWASAN PEGUNUNGAN SAWANG BA’U KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Rosnita Rosnita, Wildanun Jannah, Rini Susi, Nurdin Amin

Abstract


Kupu-kupu merupakan salah satu ordo dari Filum Arthropoda yang membantu melestarikan keberadaan dan keanekaragaman flora dengan cara membantu proses penyerbukan. Penelitian mengenai keanekaragaman jenis kupu-kupu telah dilakukan di kawasan gunung Sawang Ba’u Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan pada bulan Mei 2014. Penelitian ini bertujuan mengetahui keanekaragaman kupu-kupu (Lepidoptera) yang terdapat di suatu habitat. Metode yang digunakan adalah metode survey eksploratif dengan teknik transek yang dilakukan pada stasiun pengamatan dengan luas 200 m  10 m yang dilakukan pada 8 stasiun pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di kawasan pegunungan Sawang Ba’u terdapat 48 individu dari ordo Lepidoptera yang termasuk ke dalam 25 spesies dan 4 famili yaitu Nymphalidae, Peridae, Papilinidae, dan Danaidae. Kupu-kupu yang mendominasi adalah Neptis hylas dengan jumlah spesies 5. Keanekaragaman kupu-kupu dikawasan Sawang Ba’u menunjukkan bahwa tingkat keanekaragaman kupu-kupu termasuk dalam kategori sedang dengan nilai H’ adalah 3,0534.

Full Text:

PDF

References


Amalia Shalihah, dkk., 2013, Kupu-kupu Di Kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor, Bandung: HIMBIO UNPAD.

Elya Febrita, Yustina dan Dahmania, “Keanekaragaman Jenis Kupu-kupu Di Kawasan Wisata Hapanasan Rokan Hulu sebagai Sumber Belajar pada Konsep Keanekaragaman Hayatiâ€, Jurnal Biogenesis,Vol.10, No.2, Februari 2014.

Jumar. 2000. Entomologi Pertanian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nofri Sea Mega Sutra, dkk., “Spesies Kupu-Kupu (Rhopalocera) di Tanjung Balai Karimun Kabupaten Karimun, Kepulauan Riauâ€, Jurnal Biologi Universitas Andalas, Vol. 1, No.1, September 2012, 35-44.

Pracaya., 200,. Hama Dan Penyakit Tanaman, Jakarta: Penebar Swadaya.

Susilawati., “Keragaman Lepidoptera pada Dukuh dan Kebun Karet di Desa Mandiangin Kabupaten Banjarâ€, Jurnal Hutan Tropis, Vol.11, No.29, Maret 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0