JENIS BENTHOS DI KAWASAN ZONA LITORAL PANTAI UJUNG SEURUDONG SAWANG BA’U KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Martiani Martiani, Zainidar Zainidar

Abstract


Penelitian tentang “Jensi Benthos di Kawasan Zona litoral Pantai ujung Seurudong Sawang Ba’u Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan†telah dilakukan pada bulan Mei 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman benthos diperairan dangkal dalam suatu kawasan perairan. Sampel diambil dari 8 stasiun penelitian. Pengambilan sampel menggunakan metode destructive dan non destructive sampling dengan membuat 2 petak contoh berukuran 1x1 m2 pada masing-masing stasiun, kemudian dihitung secara langsung benthos yang ada di dalam petak contoh atau dilakukan pemotretan terhadap benthos yang ada. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menampilkan data jenis benthos di zona litoral pantai ujung Seureudong Sawang Ba’u Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Hasil penelitian diketahui bahwa jumlah benthos yang terdapat di kawasan zona litoral pantai ujung Seureudong Sawang Ba’u Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan adalah 61 spesies dari 38 famili.

Full Text:

PDF

References


Ajeng Tri Purnami, dkk., Study Of Bentos Community Based On Diversity And Similarity Index In Cengklik Dam Boyolali, Jurnal EKOSAINS | Vol. II | No. 2 | Juli 2010 Department of Biology, (Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Sebelas Maret University Surakarta.

Mayang Sari Yeanny. 2007. Keanekaragaman Makrozoobentos di Muara Sungai Belawanâ€, Jurnal Biologi Sumatera, Vol. 2, No. 2.

Nurmila Anwar. 2008. Karakteristik Fisika Kimia Perairan dan Kaitannya dengan Distribusi serta Kelimpahan Larva Iakan di Teluk Pelabuhan Ratu, Bogor: IPB.

Welch S. 1952. Limnologi, New York:Mc Graw Hillbook Compani.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0