STRUKTUR KOMUNITAS DAN KARAKTERISTIK BULU BABI (ECHINOIDEA) DI ZONA SUBLITORAL PERAIRAN IBOH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG

Firman Rija Arhas, Nursalmi Mahdi, Samsul Kamal

Abstract


Penelitian tentang “Struktur Komunitas dan Karaktersitik Bulu Babi (Echinoidea) di Zona Sublitoral Perairan Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang†telah dilakukan pada tanggal 24 sampai dengan 28 Juni 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas dan karakteristik bulu babi (Echinoidea) yang terdapat di zona sublitoral perairan Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi metode transek garis (line transect) dan transek kuadrat (quadrat transect). Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif yang meliputi indeks keanekaragaman, indeks keseragaman, dan indeks dominansi. Hasil penelitian ditemukan 6 spesies dari 2 famili, yaitu: Diadema setosum, Diadema savignyi, Echinothrix diadema, Echinothrix calamaris, Centrostephanus rodgersii, dan Echinometra mathaei. Indeks keanekaragaman bulu babi (Echinoidea) tergolong sedang dengan nilai indeks H’= 1,345. Indeks keseragaman tergolong cukup merata dengan nilai indeks E= 0,75. Indeks dominansi tergolong rendah/tidak ada jenis yang mendominansi dengan nilai indeks D= 0,35. Berdasarkan kategori indeks tersebut, Struktur komunitas Echinoidea di zona sublitoral perairan Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang tergolong baik, hal ini juga didukung daerah tersebut sebagai kawasan konservasi.

Full Text:

PDF

References


Aznam Aziz. 2011. “Beberapa Catatan Tentang Perikanan Bulu Babiâ€. Jurnal Oseana, Vol. 18, No. 2, Tahun 2011.

Aznam Aziz. 1994. “Tingkah Laku Bulu Babi di Padang Lamunâ€. Jurnal Oseana, Vol. 19, No. 4, Tahun 1994.

Fachrul M.F., 2007. Metode Samplong Bioekologi, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Indra B.V., “Sekilas Mengenai Landak Lautâ€. Jurnal Oseana, Vol. XXXII, No. 3, Tahun 2007.

Junaida Indra Z. 2013. Komunitas Bulu Babi (Echinoidea di Pulau Cingkuak, Pulau Sikuai dan Pulau Setan Sumatera Barat, Prosiding Semirata, Lampung: FMIPA Universitas Lampung, 2013.

Kuncoro E.B. 2004. Akuarium Laut, Yogyakarta: Kanisius.

Magurran A.E., 1988. Ecologycal Diversity and Its Measurement, London: Croom Helm Ltd.

Sugiarto H.S.1995. “Beberapa Catatan Tentang Bulu Babi Marga Diademaâ€. Jurnal Oseana, Vol. XX, No. 4, Tahun 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0