BIODIVERSITAS SATWA LIAR DI KAWASAN HUTAN SAMARKILANG KECAMATAN SYIAH UTAMA KABUPATEN BENER MERIAH

Ridha F Ab, Dalil Sutekad, Rudi Hadiansyah Putra

Abstract


Penelitian tentang “Biodiversitas satwa liar di kawasan hutan Samarkilang, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah Dengan Menggunakan Metode Kamera Penjebak (Trapping camera)†dilakukanmulai Juni2014 hingga Januari 2015. Penelitian ini bertujuan mengumpulkan data dan informasi keberadaan satwa liar yang terdapat di kawasan hutan Samarkilang dengan menggunakan metode kamera penjebak (trapping camera) yang dipasang pada area penelitian selama tiga bulan pemasangan. Parameter yang diukur adalah melihat kehadiran (absent-present)dan kepadatan satwa liar yang terdapat di kawasan hutan Samarkilang. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk gambar, video dan tabel. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa di kawasan hutan Samarkilangditemukan keberadaan satwa liar “spesies kunci†yang sangat dilindungi yaitu harimau sumatera (Panthera tigris sumatraensis), macan dahan (Neofelis diardi diardi) danorangutan sumatera (Pongo abelii). Selain itu juga ditemukan berbagai jenis satwa liar lainnya yang sangat penting informasi dan keberadaannya.

Full Text:

PDF

References


Alikodra, H. S. 2010. Teknik Pengelolaan Satwa Liar dalam Rangka Mempertahankan Keanekaragaman Hayati Indonesia. IPB Press, Bogor.

Griffiths M. 1993. The Javan Rhino of Ujung Kulon An Investigation Of Its Population And Ecology Through Camera Trapping. WWF, Indonesia.

Maryani. 2013. Laporan Kerja Praktik Penggunaan Kamera Penjebak Untuk Penelitian Satwa Liar dan Langka di Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling Riau. Universitas Riau, Pekanbaru.

WWF. 2011. Standar Prosedur Survey Badak Sumatera Di Samarkilang. 11 hal.

WWF. 2012. WWF’s asian rhino and elephant action strategy (Areas)-Securing a futurefor asia’s wild rhino and elephant. Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0