PEMBERIAN EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe vera. L) SEBAGAI ANTIHIPERGLIKEMIK PADA TIKUS PUTIH (Rattus wistar)

Irdalisa Irdalisa, Khairil Khairil, Mustafa Sabri

Abstract


Kadar glukosa darah adalah bahan bakar utama untuk respirasi seluler dan sumber kunci kerangka karbon untuk sintesis senyawa organik lainnya. Keseimbangan metabolisme bergantung pada pemeliharaan glukosa darah dengan konsentrasi berkisar 90 mg/100 mL pada manusia.Kadar glukosa darah meningkat seiring dengan penyerapan glukosa dari makanan. Peningkatan kadar glukosa darah terjadi karena jaringan menyerap glukosa dari darah dan meyimpannya dalam bentuk glikogen. Saat kadar glukosa darah meningkat, sel β pankreas terangsang untuk mensekresi hormon insulin sehingga kadar glukosa darah menurun, namun disebabkan pola hidup manusia sekarang ini yang tidak sehat mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan yang mengakibatkan kadar glukosa di dalam darah tidak dapat dinetralisir lagi oleh tubuh, yang mengakibatkan berbagai penyakit salah satunya hiperglikemik. Lidah Buaya(Aloe vera.L) sebagai salah satu tanaman obat tradisional Indonesia, yang kaya akan antioksidan alami, mempunyai manfaat sebagai penurun kadar glukosa di dalam darah (hiperglikemik).Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pemberian ekstrak Lidah Buaya(Aloe vera.L) terhadap penurunan kadar glukosa darah tikus hiperglikemikPenelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan tiga perlakuan dan lima ulangan. Perlakuan pada penelitian ini terdiri atas P1 = Tikus normoglikemik yang diberi akuades sebagai kontrol), P2 = Tikus yang diberi 75 mg/kg BB aloksan sebagai tikus hiperglikemik), P3 = Tikus hiperglikemik yang diberi 300 mg/kg BB ekstrakLidah Buaya(Aloe vera. L) selama 21 hari. Data dianalisis menggunakan analisa varian dan dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada selang kepercayaan 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak Lidah Buaya(Aloe vera.L) berpengaruh sangat nyata terhadap kadar glukosa darah tikus hiperglikemik. Dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak Lidah Buaya(Aloe vera. L) sebanyak 300mg/kg BB selama 21 hari dapat menurunkan kadar glukosa darah pada tikus hiperglikemik.

Full Text:

PDF

References


Afaf, Abuelgasim I, Maha KMO and Elmahdi B. 2008. Effect of A.vera (Elsabar) ethanolic exstract on blood glucose level in wistar albino rats.Journal of Applied Science Research; 4(12):1841-1845.

Fauziah.2005. Aktivitas Antidiabetik Daun Lidah Buaya (Aloe vera. L) pada Tikus Putih (Rattus wistar) jantan, (Online), http://digilib.bi.itb.ac.Id/go.php?id=jbptitbbigdl-s2-2005-fauziah1121&node =158& start=11. Diakses pada tanggal 9 Mei 2013.

Gomez, K. A. Dan A. A. Gomez. 1995. Prosedur Statistik Untuk Penelitian. Jakarta. Universitas Indonesia.

Jatnika, A. dan Saptoningsih.2009. Meraup Laba dari Lidah Buaya. Jakarta: Agro Media.

Lasdaukas M, 2008. Understanding your diabetes.HbA1c. Dtour Health in Dtoaur Magazine Autumn 2008.p 12.

Murray, R. K., D. K Granner, P. A. Mayes V. W. Rodwel. 2003. BiokimiaHarper. Edisi 25. Jakarta. Terjemahan dari Harper’s Biochemistry oleh A. Hartono, EGC.

Oyedepo, T.A, S.O. Babarside dan T.A. Ajayeoba. 2013. Evaluation of Anti-hyperlipedemic Effect of Aqueous Leaves Extract of Moringa oleifera in Alloxan Induced Diabetic Rats. International Journal of Biochemistry Research and Review 3 (3) : 162 -170.

Steencamp V, Stewart MJ. Medicinal application and toxicological of Aloe product, Forensic Pathology Research, 2007; 27:773-5.

Voigt, R. 1994. Buku Pelajaran Teknologi Farmasi, diterjemahkan Noerono, S., edisi V. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0